STUDI KOMPARASI ANTARA MEDIA INTERAKTIF BERBASIS EDUGAME DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR


Wening Panggalih , 4001411041 (2015) STUDI KOMPARASI ANTARA MEDIA INTERAKTIF BERBASIS EDUGAME DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411041-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA Terpadu di sekolah selalu mengalami titik jenuh pada siswa, rumus yang banyak dan materi yang harus dihafal, siswa juga selalu mendapatkan suasana belajar yang membosankan, sehingga pembelajaran IPA Terpadu harus lebih menarik dan mudah dipahami. Pengembangan media pembelajaran yang inovatif seperti media interaktif dan media gambar sering dijumpai dalam pembelajaran saat ini. Perlu adanya perbandingan atau komparasi antara media interaktif berbasis edugame dengan media gambar terhadap prestasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara penggunaan media interaktif berbasis edugame dengan media gambar, (2) untuk mengetahui bahwa media interaktif berbasis edugame dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan media gambar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan populasi 4 kelas dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Desain dari penelitian ini adalah true experimental design dengan bentuk pretest-posttest group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 2 Boja tahun ajaran 2014/2015 kelas VIIE sebagai kelas kontrol dan kelas VIIF sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi untuk mencari data awal pemahaman konsep siswa, metode tes dengan menggunakan pretest-posttest group design dan metode observasi untuk memperoleh data aspek afektif dan psikomotorik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yang telah ditegaskan melalui uji-t. Pembelajaran IPA materi pencemaran dan kerusakan lingkungan hubungannya dengan aktivitas manusia menggunakan media interaktif berbasis edugame memberikan kontribusi 42,03% terhadap pencapaian prestasi belajar (pemahaman konsep) siswa pada kelas eksperimen. Aspek kemandirian siswa pada kelas eksperimen menggunakan media interaktif berbasis edugame lebih tinggi dari kelas kontrol yang menggunakan media gambar. Aspek kerjasama siswa pada kelas eksperimen menggunakan media interaktif berbasis edugame lebih rendah dari kelas kontrol yang menggunakan media gambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media interaktif, media gambar, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:16
Last Modified: 11 Nov 2015 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21076

Actions (login required)

View Item View Item