PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DIDAERAH BINAAN I KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG


Ira Oktaviana, 1401411503 (2015) PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DIDAERAH BINAAN I KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411503-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Motivasi merupakan dorongan untuk mencapai tujuan tertentu.Menurut beberapa guru kelas V Sekolah Dasar di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang masih dijumpai beberapa siswa yang kurang termotivasi dalam belajaranya disekolah. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Penelitian dilakukan di sepuluh Sekolah Dasar di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang yaitu SD N Sempu, SD N Dlisen 01, SD N Dlisen 02, SD N Rowosari, SD N Pungangan 01, SD N Pungangan 02, SD N Kalisalak 01, SD N Kalisalak 02, SD N Kalisalak 03 dan SD N Babadan 02. Penelitian ini menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 190 siswa.Sampel penelitian sebanyak128 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah teknik Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakanangket, observasi dan dokumentasi. Perhitungan pengujian hipotesis menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan cara uji One Sample Kolmogorov-Smirnov dan uji liniearitas serta uji analisis korelasi. Pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa. Ditunjukkan oleh hasil R sebesar 0,799 dan koefisien determinasi (R 2 ) 63,9%nilai probabilitas 0,000 ≤ 0,05 (Sig.). Hal ini menunjukkan bahwa 63,9% motivasi belajar dipengaruhi oleh lingkungan sekolah. Sedangkan 36,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Hasil penelitian diharapkan dapat menjadi informasi dan masukan bagi para guru pada umumnya dan para guru kelas V pada khususnya dan seluruh pihak sekolah agar dapat menciptakan kondisi lingkungan yang kondusif bagi peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Belajar,Lingkungan sekolah, Motivasi belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:16
Last Modified: 11 Nov 2015 14:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21074

Actions (login required)

View Item View Item