MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MELALUI STRATEGI TANDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG

Siti Anifah , 4401404075 (2009) MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MELALUI STRATEGI TANDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

PDF (MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATERI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MELALUI STRATEGI TANDUR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 3 MERTOYUDAN MAGELANG) - Published Version
Restricted to Registered users only

Request a copy

    Abstract

    Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran Biologi di SMP N 3 Mertoyudan Magelang menunjukkan bahwa keaktifan siswa masih perlu ditingkatkan karena seharusnya aktivitas siswa dalam pembelajaran tidak hanya mendengarkan tetapi juga responsif. Permasalahan tersebut dikarenakan guru masih kesulitan dalam menerapkan metode yang sesuai. Hasil belajar siswa terutama pada materi pertumbuhan dan perkembangan masih perlu ditingkatkan dengan rerata 49,5 dan ketuntasan belajar klasikal 48,18%. Untuk itu perlu adanya peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi pertumbuhan dan perkembangan dengan menggunakan strategi TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan) Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII C SMP N 3 Mertoyudan Magelang dengan jumlah siswa 38 orang. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan dalam 3 siklus. Prosedur penelitian terdiri atas tahap persiapan dan tahap pelaksanaan. Tahap persiapan meliputi observasi awal, penyusunan instrumen penelitian, dan pelaksanaan uji coba soal. Tahap pelaksanaan terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini siswa dan guru. Data inti meliputi aktivitas dan hasil belajar siswa serta data penunjang meliputi kinerja guru, tanggapan siswa, dan tanggapan guru terhadap pembelajaran menggunakan strategi TANDUR. Pengumpulan data aktivitas siswa dan kinerja guru dengan lembar observasi, data hasil belajar siswa dengan tes, data tanggapan siswa dengan angket, dan data tanggapan guru dengan wawancara. Data penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Aktivitas siswa yang diamati meningkat ditunjukkan dengan hasil dari siklus I sampai siklus III sebesar 47,36%, 51,32%, dan 53,95%. Rerata hasil belajar meningkat ditunjukkan dengan hasil dari siklus I hingga siklus III sebesar 6,68, 7,72, dan 7,54. Ketuntasan klasikal meningkat ditunjukkan dengan hasil dari siklus I hingga siklus III sebesar 57,8%, 94,7%, dan 100%. Kinerja guru meningkat tiap siklusnya dengan persentase 78,57%, 92,85%, dan 100%. Data tanggapan siswa dan guru menunjukkan tanggapan positif terhadap pembelajaran dengan strategi TANDUR. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi TANDUR dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pada materi pertumbuhan dan perkembangan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, strategi TANDUR
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    S Agriculture > S Agriculture (General)
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
    Depositing User: dwi perpus unnes
    Date Deposited: 03 May 2011 23:48
    Last Modified: 06 May 2011 21:10

    Actions (login required)

    View Item