KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PAPAN DART MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Annisa Romadhani Luthfie Mukhtaromah , 4001411039 (2015) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA PAPAN DART MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2777Kb)

    Abstract

    Pembelajaran IPA dengan menggunakan kurikulum 2013 harus menumbuhkan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mengemukakan gagasan dan menerapkan ide-ide mereka sendiri sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan kurikulum 2013 yang lebih berfokus pada aspek sikap dan keterampilan adalah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran STAD berbantuan media papan dart terhadap hasil belajar siswa. Keefektifan dilihat dari rata-rata hasil belajar dan aktivitas kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen dengan subjek siswa kelas VII SMP Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2014/ 2015. Pengambilan dua kelompok sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, dan angket. Data yang diambil adalah hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor serta aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar dan aktivitas siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen sebesar 93% dan kelas kontrol 70%. Nilai gain kelas eksperimen sebesar 0,72 dengan kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Keaktifan klasikal kelas eksperimen sebesar 83% dan kelas kontrol 70%. Analisis uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung= 3,24 lebih besar daripada ttabel= 1,99 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan media papan dart efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi kalor dan perpindahannya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kurikulum 2013, Student Team Achievement Division, hasil belajar.
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 09:11
    Last Modified: 11 Nov 2015 09:11

    Actions (login required)

    View Item