PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DRILL MELALUI TYPING MASTER DAN MS. WORD BERBANTUAN MEDIA JOB SHEET PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 2 SEMARANG

Anis Susanti, 7101411046 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENGETIK 10 JARI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DRILL MELALUI TYPING MASTER DAN MS. WORD BERBANTUAN MEDIA JOB SHEET PADA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN 1 SMK NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (2237Kb)

    Abstract

    Berdasarkan hasil observasi melalui tes awal mengetik kecepatan pada kelas X AP 1 yang berjumlah 36siswa, sebanyak 22siswa (61%) belum mencapai target ketuntasan kecepatan mengetik dengan standar 100keystrokes per minute (kpm) dan sebanyak 19 siswa (53%) ketepatan mengetiknya belum mencapai target ketuntasan denganstandar ketepatan mengetik 95%.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan mengetik 10jari siswakelas X AP 1 SMKN 2 Semarangdengan penerapan metode pembelajarandrill melalui Typing Master dan Ms. Word berbantuan media job sheet. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XAP 1 yang berjumlah36(tiga puluh enam) siswa. Faktor yang diteliti dalam penelitian ini adalah keterampilan mengetik 10 jari siswa yang meliputi aspek kecepatan, ketepatan dan kerapihan. Rancangan penelitian terdiri dari tiga siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan instrumen non tes (observasi). Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif persentase.Hasil penelitian menunjukkan terdapatpeningkatan keterampilan mengetik 10 jari dengan penerapan metode pembelajaran drill melalui typing master dan Ms. Word berbantuan media job sheetpada kelas X AP 1. Tingkat keterampilan mengetik 10 jari siswa pada siklus I berada pada rata-rata skor 15,44 (kurang terampil) dengan ketuntasan hasil belajar 61%, pada siklus II skor rata-ratanya meningkat menjadi 17,75 (cukup terampil) dengan ketuntasan hasil belajar 72% kemudian pada siklus III skor rata-ratanya meningkat lagi menjadi 20,78 (terampil) dengan ketuntasan hasil belajar 89%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan mengetik 10 jari siswa dengan penerapan metode pembelajaran drill melalui Typing Masterdan Ms. Word berbantuan media job sheet.Persentase keterampilan siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus III sehingga dari 36 siswa kelas X AP 1 sebanyak 22 siswa (61%) mencapai kategori terampil dan 14 siswa (39%) mencapai kategori cukup terampil.Guru dapat melanjutkan pembelajaran pada tahun ajaran berikutnya menggunakan metode drill melalui Typing Master dan Ms. Word berbantuan media job sheet. Siswa disarankan tidak hanya mengutamakan kecepatan tetapi juga memperhatikan posisi jari saat menghentak tuts sebagaimana fungsinya dan disiplin mengatur pandangan mata supaya pandangan tetap tertuju pada naskah yang diketik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Mengetik 10 Jari, Metode Pembelajaran Drill, Typing Master, Ms. Word, Media Job Sheet
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
    Depositing User: ahmad sanusi unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 09:05
    Last Modified: 11 Nov 2015 09:05

    Actions (login required)

    View Item