PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN GUNA MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA


Heri Setyanto , 4001411038 (2015) PENGEMBANGAN LKS IPA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN GUNA MENUMBUHKAN KEMANDIRIAN SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411038-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pemerintah dengan kebijakannya terkait dengan pendidikan karakter telah berupaya untuk membenahi sistem pendidikan di Indonesia. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan oleh guru sebagai suplemen dalam pembelajaran adalah LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan LKS IPA berbasis Problem Based Learning (PBL) guna menumbuhkan kemandirian siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media LKS IPA berbasis PBL layak digunakan karena mempunyai nilai kelayakan dari segi materi sebesar 86,7%, segi kebahasaan sebesar 93,75% dan segi penyajian sebesar 95,2% dengan kriteria sangat layak. Keefektifan LKS IPA berbasis PBL digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif dan kemandirian siswa. Penilaian dilakukan dengan menggunakan analisis nilai pretest dan posttest serta observasi. Hasil belajar kognitif dianalis menggunakan uji N-gain yang menunjukkan peningkatan sedang yaitu 0,39 untuk kelas VII H dan 0,36 untuk kelas VII I. Kemandirian siswa juga mengalami peningkatan di setiap pertemuannya yaitu meningkat dari observasi awal yang menunjukkan kriteria baik menjadi sangat baik. Dengan demikian, LKS IPA berbasis PBL dapat dinyatakan layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemandirian siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS IPA, Problem Based Learning, Kemandirian Siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:03
Last Modified: 11 Nov 2015 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21066

Actions (login required)

View Item View Item