PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V-B SDN BENDAN NGISOR


RAMAH MULYARTI, 1401411501 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS MELALUI MODEL MIND MAPPING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS V-B SDN BENDAN NGISOR. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411501-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan pembelajaran Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan menulis puisi bebas di Kelas V-B SDN Bendan Ngisor. Dari hasil belajar menunjukkan 54% siswa mendapatkan skor di bawah KKM yang telah ditetapkan yaitu 66. Permasalahan tersebut terjadi karena guru dalam pembelajaran menulis puisi bebas belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Minimnya media yang digunakan guru berakibat pada keterbatasan ide yang muncul pada diri siswa. Rumusan masalah penelitian ini adalah “bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas V-B SDN Bendan Ngisor?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi bebas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V-B SDN Bendan Ngisor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitiatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 21 dengan kriteria cukup, pada siklus II meningkat menjadi 25 dengan kriteria baik dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 30 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 19,3 dengan kriteria cukup. Pada siklus II dan siklus III meningkat menjadi 21,4 dan 23,7 dengan kriteria baik. Ketuntasan belajar klasikal siswa dalam menulis puisi bebas pada siklus I 62,2% atau sebanyak 24 dari 34 siswa mencapai KKM. Meningkat pada siklus II menjadi 73% atau sebanyak 27 siswa mencapai KKM, dan pada siklus III mencapai 86,5% atau sebanyak 31 siswa mencapai KKM. Simpulan penelitian ini melalui model mind mapping berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan keterampilan menulis puisi bebas pada siswa kelas V-B SDN Bendan Ngisor. Saran bagi guru untuk menerapkan model mind mapping berbantuan media gambar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Sekolah diharapkan memfasilitasi sarana dan prasarana yang dibutuhkan selama proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: puisi bebas, gambar, mind mapping
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:04
Last Modified: 11 Nov 2015 14:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21065

Actions (login required)

View Item View Item