Id, Ego, dan Superego Tokoh-Tokoh dalam Cerpen L’Enfant dan Le Papa de Simon Karya Guy de Maupassant BerdasarkanTeori Psikoanalisis Sigmund Freud


Dwi Setyawati Sinaga, 2350408010 (2015) Id, Ego, dan Superego Tokoh-Tokoh dalam Cerpen L’Enfant dan Le Papa de Simon Karya Guy de Maupassant BerdasarkanTeori Psikoanalisis Sigmund Freud. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2350408010-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian atas cerpen L’enfant dan Le Papa de Simon ini menggunakan teori Psikoanalisis dari Sigmund Freud dengan analisis utamanya adalah Id,Ego dan Superego tokoh-tokoh. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan Id, Ego dan Superego dari tokoh-tokoh dan mendeskripsikan kemiripan tokoh-tokoh berdasarkan teori psikoanalisis Sigmund Freud. Korpus data penelitian ini adalah cerpen L’enfant dan Le Papa de Simon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif analitik. Simpulan yang didapatkan dari penelitian ini bahwa : Id dan Ego yang menguasai diri tokoh-tokoh dalam kedua cerpen tersebut sehingga mendorong hasrat dan kemauan keras untuk mewujudkan keinginan dari tokoh-tokoh tersebut, sehingga Id terus menekan mereka untuk melakukan berbagai macam cara dalam mewujudkan keinginannya. Hal tersebut merupakan gambaran Id yang sangat kuat sehingga menuntut Ego untuk memenuhi dorongan Id agar mendapatkan kepuasan yang diinginkan. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah hasil penelitian diharapkan dapat memberikan ide bagi mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Asing, khususnya mahasiswa program studi Sastra Prancis untuk melakukan penelitian lebih lanjut terhadap cerpen L’enfant dan Le Papa de Simon dari berbagai segi, misal dari segi sosiologi sastra yang membahas tentang karakter tokoh dalam cerpen atau pun dari segi resepsi sastra yang membahas tentang tanggapan para pembaca.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Id, Ego, dan Superego. Kemiripan tokoh-tokoh.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:02
Last Modified: 11 Nov 2015 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21064

Actions (login required)

View Item View Item