PENGARUH SELF EFFICACY,PRESTISE PROFESI GURU DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAPMINAT MENJADI GURU AKUNTANSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI 2011 FE UNNES


Ita Astarini, 7101411042 (2015) PENGARUH SELF EFFICACY,PRESTISE PROFESI GURU DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAPMINAT MENJADI GURU AKUNTANSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI 2011 FE UNNES. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411042-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Minat menjadi guru akuntansi merupakan perasaan suka, tertarik atau perhatian seseorang terhadap profesi guru akuntansi. Minat dapat dipengaruhi beberapa faktor yaituintrinsik maupun ekstrinsik. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa minat mahasiswa pendidikan akuntansi angkatan 2011 FE UNNESuntuk menjadi gurumasih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh self efficacy, prestise profesi guru dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat menjadi guru akuntansi pada mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan 2011 FE UNNES secara simultan maupun parsial.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi (akuntansi) angkatan 2011 FE UNNES sebanyak 178 mahasiswa. Penetuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dan didapat 123 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak dengan melihat proporsi tiap kelas.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah self efficacy, prestise profesi guru dan status sosial ekonomi orang tua,sedangkan variabel terikatnya adalah minat menjadi guru akuntansi. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil perhitungan secara simultan menunjukkan bahwa pengaruh self efficacy, prestise profesi guru dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat menjadi guru akuntansi sebesar 49,9%, sedangkan sisanya 50,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diungkap dalam penelitian ini. Secara parsial besarnya pengaruh self efficacyterhadap minat mahasiswa menjadi guru akuntansi sebesar 43,29%, pengaruh prestise profesiterhadap minat menjadi guru akuntansi sebesar 9,42%, dan pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap minat mahasiswa menjadi guru akuntansi 5,90%.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara self efficacy, prestise profesi guru, dan status sosial ekonomi orang tua terhadap minat mahasiswa menjadi guru akuntansi.Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu mahasiswa meningkatkan persepsinya bahwa profesi guru merupakan pekerjaan yang bergengsi. Meskipunberpenghasilan rendah, orang tua hendaknya memberikan kebebasan dalam memilih profesi sesuai kemampuan yang dimiliki.Untuk dosenhendaknya memberikan penguatan mengenai pentingnya profesi guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Menjadi Guru Akuntansi,Self Efficacy, Prestise profesi Guru, Status Sosial Ekonomi Orang Tua
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 14:00
Last Modified: 11 Nov 2015 14:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21063

Actions (login required)

View Item View Item