PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS THINK- TALKWRITE PADA MATERI TEKANAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA


Evi Budi Suryani , 4001411036 (2015) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS THINK- TALKWRITE PADA MATERI TEKANAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411036-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berpikir kritis seseorang perlu ditanamkan sejak dini. Salah satunya adalah melalui kegiatan pembelajaran di kelas. Berbagai bentuk pembelajaran telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan LKS berbasis TTW terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini menggunakan desain quasi experimental dengan bentuk non- equivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas VIII- D sebagai kelas kontrol dan kelas VIII- E sebagai kelas ekperimen. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara model inkuiri terbimbing dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut ditunjukkan oleh nilai korelasi biserial yaitu rb = 0.61. Besar pengaruh yang diberikan oleh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis ditentukan dengan koefisien determinasi yaitu sebesar 37.39 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan LKS berstrategi TTW pada materi tekanan berpengaruh positif terhadap keamampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inkuiri terbimbing, LKS, think- talk- write, kemampuan berpikir kritis.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:59
Last Modified: 11 Nov 2015 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21061

Actions (login required)

View Item View Item