PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN IV KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP


Nirwana Gita Pertiwi, 1401411500 (2015) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN IV KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411500-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor intern dan ekstern. Selain itu, diyakini ada faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar yakni self efficacy, yang diartikan sebagai keyakinan seseorang terhadap kemampuan yang dimilikinya. Keyakinan tersebut mendorong seseorang untuk mencapai keberhasilan dan mampu menghadapi kesulitan saat mengerjakan tugas. Namun, pentingnya self efficacy tidak dirasakan oleh siswa, seperti halnya pada siswa kelas V di SD Dabin IV Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Sebelum mereka mengerjakan tugas, beberapa diantaranya beranggapan bahwa siswa yang pandai tentu selalu mendapatkan nilai bagus. Padahal, tingginya hasil belajar tidak hanya dipengaruhi oleh tingkat kepandaian seseorang, melainkan dipengaruhi oleh faktor lain dimana jika faktor tersebut menghambat siswa, maka berpengaruh pada hasil belajar. Berdasarkan latar belakang, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat self efficacy siswa, (2) tingkat hasil belajar siswa, (3) pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa, dan (4) seberapa besar pengaruh self efficacy terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V SD Dabin IV Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap berjumlah 406 siswa. Sampel penelitian sebanyak 202 siswa yang ditentukan denganteknik proporsional random sampling. Variabel penelitian meliputi self efficacy sebagai variabel bebas dan hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan skala, wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat self efficacy siswa sebesar 69,331246% termasuk dalam kategori sedang, (2) tingkat hasil belajar siswa sebesar 77,31 termasuk dalam kategori baik, (3) Nilai sig. sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H a diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar siswa, (4) koefisien determinasi (R 2 ) 0,296 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 29,6%. Hal ini menunjukkan bahwa 29,6% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh self efficacy, sedangkan 70,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, hendaknya guru dan orang tua siswa senantiasa mendorong siswa agar mereka yakin pada kemampuan yang dimiliki agar bisa menghadapi tugas-tugas yang diberikan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Self efficacy
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:59
Last Modified: 11 Nov 2015 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21060

Actions (login required)

View Item View Item