DETERMINAN KESIAPAN GURU EKONOMI SMA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN PURBALINGGA


Arina Tri Astuti, 7101411040 (2015) DETERMINAN KESIAPAN GURU EKONOMI SMA DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN PURBALINGGA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411040-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ketika terjadi perubahan kurikulum maka guru merupakan seorang yang harus memahami peranannya dalam perubahan kurikulum tersebut. Kurikulum 2013 membawa perubahan mendasar padaguru dalam pembelajaran.Oleh karena itu guru dituntut untuk menyiapkan dirinyadalam melaksanakan kurikulum 2013. Berdasarkan observasi awal diketahui bahwa terdapat kendala dalam implementasi kurikulum 2013 yakni kurangnya fasilitas yang mendukung dan kurangnya pelatihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi guru, pelatihan, fasilitas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan peran pengawassekolahterhadap kesiapan guru ekonomi SMA dalam implementasi kurikulum 2013 di Kabupaten Purbalingga.Populasi penelitian ini adalah guru ekonomi SMA di Kabupaten Purbalingga yang berjumlah 36 guru. Penelitian ini termasuk dalam penelitian sensus dikarenakan jumlah populasi yang sedikit. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah angket. Data variabel dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis regresi berganda.Dari hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa kesiapan guru ekonomi SMA dalam implementasi kurikulum 2013dalam kriteria tidak siap, fasilitas sekolah dalam kriteria tidak baik, sedangkan kompetensi guru, kepemimpinan kepala sekolah, dan peran pengawas sekolah dalam kriteria baik. Untuk pelatihan guru dalam kriteria jarang mengikuti. Hasil penelitian ini secara statistik menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kompetensi guru, pelatihan, fasilitas sekolah, kepemimpinan kepala sekolah dan peran pengawassekolah secara simultan sebesar 74,5%. Secara parsial kompetensi guru, pelatihan, fasilitas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap kesiapan guru ekonomi dalam implementasi kurikulum 2013, sedangkanperan pengawas sekolahtidak berpengaruh terhadap kesiapan guru ekonomi dalam implementasi kurikulum 2013.Saran yang dapat diberikan adalah pihak guru hendaknya meningkatkan kompetensi yang dimilikinya dan mengikuti pelatihan-pelatihan tentang kurikulum 2013, mengingat kesiapan guru dipengaruhi oleh kompetensi guru dan pelatihan. Bagi kepala sekolah hendaknya meningkatkan kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013 dengan memperhatikan fasilitas sekolah yang menunjang pembelajaran dan meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah, selain itu juga memperhatikan kompetensi guru dan pelatihan tentang kurikulum 2013. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai peran pengawas terhadap kesiapan guru dalam implementasi kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Pelatihan, Fasilitas Sekolah, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Peran Pengawas, Kesiapan Guru.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:55
Last Modified: 11 Nov 2015 13:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21059

Actions (login required)

View Item View Item