POLA PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN SOLO PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DEMAK


Indah Nashichatul Fitriyah , 1201411054 (2015) POLA PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN SOLO PADA ANAK PUTUS SEKOLAH DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA (BLK) DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201411054-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu: Permasalahan ketenagakerjaan di indonesia yang kompleks, karna masih banyak pengangguran yang disebabkan anak putus sekolah sehingga BLK Demak memberikan pelatihan tata rias sebagai bekal mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) Untuk mengetahui kondisi input pelatihan tata rias bagi anak putus sekolah di BLK Demak, (2) Untuk mengetahui proses pembelajaran pelatihan tata rias bagi anak putus sekolah di BLK Demak, (3)Untuk mengetahui manfaat hasil pelatihan tata rias bagi anak putus sekolah di BLK Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di BLK Demak. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 7 orang, yang terdiri dari 1 kepala UPTD BLK Demak, 2 pengelola/instruktur, 4 peserta pelatihan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Teknik penganalisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Hasil pelatihan: (1) Input pelatihan tata rias: motivasi peserta pelatihan dalam mengikuti pelatihan cukup antusias. Instruktur yang ada di BLK Demak sudah berpengalaman di bidangnya. Sarana prasarana yang ada sudah mendukung pelaksanaan pelatihan.(2) Proses pelatihan tata rias: tujuan pelatihan tata rias meningkatkan potensi peserta melalui pelatihan tata rias sebagai bekal hidup. Materi pelatihan tata rias pengantin Solo adalah tata rias rambut, tata rias wajah, memadukan busana pengantin solo dengan perhiasannya dan meronce bunga. Metode yang digunakan adalah metode praktik dan ceramah. Media yang digunakan adalah papan tulis, OHP, dan modul. Evaluasi pelatihan adalah evaluasi sumatif dan evaluasi formatif. Hasil pelatihan dari segi kognitif peserta didik mendapat pengetahuan tata rias pengantin Solo, dari segi afektif menumbuhkan sikap kedisiplinan dalam bekerja dan dari segi psikomotorik yaitu mampu menguasai tata rias pengantin Solo. (3) Manfaat pelatihan tata rias dapat meningkatkan keterampilannya di bidang tata rias untuk nantinya bekerja di salon. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan:.Penggunaan metode untuk instruktur agar lebih bervariasi sesuai dengan kondisi dan minat peserta pelatihan. Perlu adanya pengembangan media agar penyampaian materi lebih menarik. Peserta pelatihan diharapkan bisa berperan aktif serta memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam kegiatan pelatihan agar nantinya bisa mengapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Pembelajaran; Pelatihan; Putus Sekolah
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:54
Last Modified: 11 Nov 2015 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21055

Actions (login required)

View Item View Item