EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INDEKS HARGA KELAS XI IIS DI SMA Negeri 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015


Fathia Pristiani Widyaningsih, 7101411039 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISON (STAD) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI INDEKS HARGA KELAS XI IIS DI SMA Negeri 7 SEMARANG TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101411039-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran di sekolah dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Harapannya dalam proses KBM siswa berperan aktif, memahami materi yang diajarkan dan saat evaluasi siswa memperoleh hasil belajar di atas standart nilai KKM. Data nilai siswa kelas XI IIS pada pokok bahasan indeks hargamenunjukkan masih banyak yang belum mencapai KKM. Hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa materi pokok bahasan indeks hargaperlu inovatif model pembelajaran agar siswa lebih mudah memahami materi. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) menjadi salah satu model pembelajaran yang diharapkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui: Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) efektif dalam meningkatkan hasil belajar ekonomidan hasil belajar ekonomilebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMA Negeri 7 Semarangtahun pelajaran 2014/2015, yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 145siswa. Sampel penelitian diambil dengan metode pengundian yang kemudian didapat kelas XI IIS 4 kelas eksperimen dan XI IIS 3sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yaitu dengan tes dan observasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar setelah perlakuan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) dilihat dari rata-rata nilai pre-test yaitu 67,91dan post-test sebesar 85,30pada kelas eksperimen. Selain itu menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai post-test kelas eksperimen sebesar 85,30lebih tinggi dibandingkan post-test kelas kontrol sebesar 78,13. Saran dari penelitian ini diharapkan agar guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Divisions) karena terbukti efektif meningkatkan hasil belajar ekonomipada pokok bahasan indeks harga. Siswa diharapkan lebih memperdalam materi yang belum dikuasai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Divisions), Indeks Harga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: ahmad sanusi unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:51
Last Modified: 11 Nov 2015 13:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21054

Actions (login required)

View Item View Item