PENERAPAN OUTDOOR LEARNING PROCESS BERBANTU PUZZLE BLOCKS MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

Anies Rahmayati , 4001411033 (2015) PENERAPAN OUTDOOR LEARNING PROCESS BERBANTU PUZZLE BLOCKS MATERI EKOSISTEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (3479Kb)

    Abstract

    Tuntutan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan adalah mengajak siswa aktif dalam pembelajaran dan guru sebagai fasilitator harus mampu mendesain pembelajaran yang menarik. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan outdoor learning process berbantu puzzle blocks materi ekosistem untuk meningkatkan aktivitas belajar dan sikap peduli lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa, sikap peduli lingkungan serta pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 10 Magelang kelas VIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIID,VIIE sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode penilaian sikap (skala psikologi), metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan n-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan outdoor learning berbantu puzzle blocks dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep siswa juga meningkat seiring peningkatan aktivitas yang diperoleh kelas eksperimen.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: outdoor learning process, puzzle blocks, aktivitas belajar, sikap peduli lingkungan
    Subjects: Q Science > Q Science (General)
    Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
    Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 08:50
    Last Modified: 11 Nov 2015 08:50

    Actions (login required)

    View Item