PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 KOTA SEMARANG


ISNAINI NURROHMAH, 1401411493 (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA PADA SISWA KELAS V SDN KALIBANTENG KIDUL 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411493-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 dalam pembelajaran IPA yaitu siswa jarang dilibatkan dalam penyelidikan. Siswa lebih cepat bosan dan kurang antusias saat melakukan pembelajaran, siswa sering gaduh atau ramai sendiri. Guru kurang mengajak siswa mendapatkan pengalaman langsung yaitu melakukan penyelidikan serta guru juga belum mengoptimalkan media. Hal tersebut dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dari 36 siswa ada 23 siswa (64%) yang belum tuntas, sedangkan 13 siswa (36%) sudah tuntas. Model yang sesuai dengan permasalahan adalah model PBI berbantu media audiovisual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran PBI berbantu media audiovisual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran PBI berbantuan media audiovisual dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas V yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuaan serta guru kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi, metode tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I dan II mendapatkan skor 29 dan 32 dengan kategori baik, sedangkan siklus III mendapat skor 38 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada siklus I dan II mendapat skor 28,91 dan 36,19 dengan kategori baik, sedangkan siklus III mendapat skor 41 dengan kategori sangat baik. Pada siklus I mengalami ketuntasan belajar klasikal yaitu 75%, pada siklus II meningkat menjadi 78%, dan pada siklus III menjadi 88% dengan KKM 62. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBI berbantu media audiovisual dapat meningkatkan aktivitas siswa, keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Kalibanteng Kidul 02 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: audiovisual, kualitas pembelajaran IPA, PBI
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:47
Last Modified: 11 Nov 2015 13:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21052

Actions (login required)

View Item View Item