PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA SLIDE-SUARA DI SDN BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG


ANNISA IKA BUDI UTAMI, 1401411490 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA SLIDE-SUARA DI SDN BENDAN NGISOR KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411490-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) adalah integrasi dari berbagai cabang-cabang ilmu sosial yang mempelajari dan menelaah, serta menganalisis masalah serta mempelajari kehidupan masyarakat beserta interaksinya. Berdasarkan refleksi yang dilakukan terhadap hasil observasi pada kelas IVB SDN Bendan Ngisor ditemukan bahwa keterampilan guru belum optimal karena guru kurang bervariasi dalam memilih metode pembelajaran, penggunaan media pembelajaran kurang optimal. Aktivitas siswa, siswa sulit untuk bekerjasama dengan teman, siswa cenderung malu dan mengandalkan teman ketika melakukan diskusi maupun kerja kelompok. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menunjukkan20 dari 33 siswa (60%) masih dibawah KKM (66). Rumusan masalah bagaimanakah model make a match dengan media slide-suara dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IVB SDN Bendan Ngisor Kota Semarang?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang dikaji melalui keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta refleksi. Sumber data berasal dari guru dan 33 siswa kelas IVB SDN Bendan Ngisor. Teknik pengumpulan data dengan tes dan non-tes, serta menggunakan analisis statistik kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru siklus I dan siklus IImemperoleh kategori baik dan siklus III memperoleh kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I mendapat kategori cukup, siklus II mendapat kategori baik, dan siklus III mendapat kategori sangat baik. Hasil belajar pengetahuan siklus I dan siklus II memperoleh kategori cukup dan siklus III memperoleh kategori baik. Hasil belajar sikap spiritual siswa siklus I memperoleh predikat baik, siklus II memperoleh predikat sangat baik, siklus III memperoleh predikat sangat baik. Hasil belajar sikap sosial memperoleh predikat baik, siklus II memperoleh predikat baik, siklus III memperoleh predikat sangat baik. Hasil belajar siswa ranah keterampilan memperoleh predikat B-, sikus II memperoleh predikat B, siklus III memperoleh predikat B+. Simpulan dari penelitian ini adalah model make a match dengan media slide-suara dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Saran bagi guru hendaknya menerapkan model make a match dengan media slide-suara sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, Make A Match, media slide-suara, IPS
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:41
Last Modified: 11 Nov 2015 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21050

Actions (login required)

View Item View Item