PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B DI SKB CAWAS KABUPATEN KLATEN DITINJAU DARI TINGKAT EKONOMI KELUARGA


Agus Anggoro Styaji , 1201404042 (2009) PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B DI SKB CAWAS KABUPATEN KLATEN DITINJAU DARI TINGKAT EKONOMI KELUARGA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B DI SKB CAWAS KABUPATEN KLATEN DITINJAU DARI TINGKAT EKONOMI KELUARGA]
Preview
PDF (PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B DI SKB CAWAS KABUPATEN KLATEN DITINJAU DARI TINGKAT EKONOMI KELUARGA) - Published Version
Download (510kB) | Preview

Abstract

Pencapaian prestasi belajar yang baik merupakan faktor yang sangat penting di dalam dunia pendidikan karena prestasi belajar merupakan cerminan pengauasaan materi dari setiap warga belajar yang sedang mengikuti proses pembelajaran. Pencapaian prestasi belajar yang optimal ditentukan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah kondisi ekonomi keluarga. Meningkatnya kondisi ekonomi berarti pula meningkat kemampuan membiayai dan menyediakan fasilitas pendidikan bagi anaknya yang akhirnya dapat mendorong mereka untuk belajar secara baik. Dari kenyataan tersebut penulis tertarik mengkaji permasalahan : 1) Adakah perbedaan prestasi belajar para warga belajar di SKB Cawas Kabupaten Klaten ditinjau dari tingkat ekonomi keluarga?, dan 2) Seberapa besar perbedaan prestasi belajar warga belajar di SKB Cawas Kabupaten Klaten ditinjau dari tingkat ekonomi keluarga?. Penelitian kuantitatif ini dilakukan di Sanggar Kegiatan Belajar Cawas Kabupaten Klaten pada program kejar paket B dengan populasi seluruh warga belajar kejar paket B di SKB Cawas Kabupaten Klaten dengan jumlah 36 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan teknik total sampling yaitu menjadikan seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Penelitian ini difokuskan pada tingkat ekonomi keluarga dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar warga belajar. Data tingkat ekonomi keluarga dikumpulkan menggunakan metode angket sedangkan prestasi belajar menggunakan metode dokumentasi. Analisis terhadap data penelitian dilakukan menggunakan analisis varians (Anava) satu jalan. Hasil penelitian menunjukkan warga belajar di SKB Cawas Kabupaten Klaten sebagian besar berasal dari tingkat ekonomi menengah dengan rata-rata prestasi belajar cukup. Dari hasil analisis Kruskal-Wallis diketahui bahwa ada perbedaan prestasi belajar warga belajar di SKB Cawas Kabupaten Klaten ditinjau dari tingkat ekonomi keluarga ditunjukkan dari nilai χ2 hitung = 15,510 > χ2 tabel = 5,99 dan probabilitas 0,000 < 0,05. Adapun perbedaan prestasi belajar warga belajar dari keluarga ekonomi atas dengan menengah rata-rata 0,22 dan dengan ekonomi bawah rata-rata 0,41. Hasil penelitian ini, dapat diajukan saran : 1) Bagi orang tua yang memiliki keterbatasan ekonomi agar tidak memberikan beban yang berat kepada anaknya dalam membantu pekerjaan orang tua agar anaknya memiliki waktu belajar yang cukup di rumah dan berusaha meluangkan waktu untuk memperhatikan dan bimbingan anak saat belajar di rumah agar hasil belajarnya menjadi optimal, 2) Bagi warga belajar yang berasal dari ekonomi menengah dan bawah hendaknya tetap berusaha untuk meluangkan waktu belajar di rumah agar prestasi belajarnya dapat meningkat 3) Bagi pihak SKB diharapkan untuk berusaha menyediakan berbagai sarana prasarana belajar yang memadai karena sebagian besar warga belajarnya berasal dari keluarga tingkat ekonomi menengah dan bawah yang memiliki kemampuan terbatas dalam memenuhi kebutuhan sarana belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tingkat ekonomi keluarga, Prestasi belajar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 04 May 2011 03:29
Last Modified: 25 Apr 2015 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/2105

Actions (login required)

View Item View Item