PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER ILMIAH SISWA


Sri Wahyuningsih , 4001411028 (2015) PEMBELAJARAN IPA BERPENDEKATAN JAS (JELAJAH ALAM SEKITAR) MATERI INTERAKSI MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER ILMIAH SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411028-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 1 Larangan tentang pembelajaran IPA menunjukkan bahwa hasil belajar dan keaktifan siswa rendah, dan ketuntasan belajar secara klasikal <60%. Pembelajaran belum menumbuhkan karakter ilmiah siswa, dan lingkungan sekitar sekolah belum termanfaatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran IPA berpendekatan JAS materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya terhadap hasil belajar dan karakter ilmiah siswa di SMP Negeri 1 Larangan. Desain penelitian ini adalah quasy experimental design yaitu nonequivalent control group design. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil belajar dan karakter ilmiah siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen sebesar 88,89% sedangkan kelas kontrol 79.41%. Uji N-gain diperoleh nilai gain kelas eksperimen 0,56 dan kontrol 0,45 sehingga keduanya termasuk peningkatan sedang. Analisis uji t signifikansi 5% menghasilkan thitung 1,65 dan ttabel 2,00 artinya hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak ada perbedaan yang signifikan. Persentase karakter ilmiah kelas eksperimen 100% siswa berkarakter baik dan sangat baik, sedangkan pada kelas kontrol 82,35% siswa berkarakter baik. Analisis uji t signifikansi 5% diperoleh thitung 12,47 dan ttabel 2,00 artinya karakter ilmiah siswa pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA berpendekatan JAS kurang efektif terhadap hasil belajar dan efektif terhadap karakter ilmiah siswa materi interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Pendekatan JAS, Hasil belajar, Karakter ilmiah.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:41
Last Modified: 11 Nov 2015 13:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21047

Actions (login required)

View Item View Item