Faktor Ketidaksadaran Personal pada Gede Suta dalam Roman Une Saison Indonésienne Karya Jean Rocher: Tinjauan Teori Psikologi Analitik Carl Gustav Jung


Ririn Setiawati, 2311409008 (2015) Faktor Ketidaksadaran Personal pada Gede Suta dalam Roman Une Saison Indonésienne Karya Jean Rocher: Tinjauan Teori Psikologi Analitik Carl Gustav Jung. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2311409008-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Une Saison Indonésienne merupakan roman yang ditulis oleh Jean Rocher. Roman ini menggambarkan tentang kisah duka dari salah satu keluarga di Bali yang hidup pas-pasan menghadapi krisis moneter. Ketika itu krisis moneter melanda Thailand dan merambah ke Indonesia. Penelitian atas roman Une Saison Indonésienne itu menggunakan teori Psikologi Analitik dari Carl Gustav Jung dengan analisis utama adalah faktor ketidaksadaran pribadi yang mempengaruhi kepribadian Gede Suta. Faktor-faktor tersebut meliputi: faktor kedewasaan, faktor motif cinta, faktor frustasi, faktor konflik dan faktor ancaman. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepribadian Gede Suta yang dipengaruhi oleh pengalaman pribadinya yang buruk dalam alam bawah sadarnya. Korpus data penelitian ini adalah roman Une Saison Indonésienne karya Jean Rocher. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif analitik, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis isi. Simpulan yang didapat dari penelitian ini adalah: 1) berdasarkan struktur kesadaran, Gede Suta adalah orang bertipe tertutup, yang mempunyai ciri suka memendam perasaan dan suka mengamati lingkungan sekitar. Selain itu, dia yakin dalam mengambil keputusan dan mengerti perasaan orang lain. 2) berdasarkan ketidaksadaran pribadi, Gede Suta adalah seseorang yang berkepribadian emosional, suka berkhayal dan rasa bersalah. Kepribadian itu dipengaruhi oleh faktor kedewasaan, motif cinta, frustasi, konflik dan ancaman. Setelah mengalami pengalaman-pengalaman pahit, perubahan kepribadian Gede Suta muncul. Alam sadarnya menjadi terbuka terhadap orang lain. Namun, alam bawah sadar pada Gede Suta menjadi tertutup. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan ide dan wawasan baru kepada mahasiswa program studi Sastra Perancis, dapat menjadi kerangka acuan dan memahami pokok-pokok pemikiran Carl Gustav Jung tentang kepribadian seseorang berdasarkan struktur kesadaran dan ketidaksadarannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Ketidaksadaran Personal, Psikologi Analitik, Une Saison Indonésienne
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:34
Last Modified: 11 Nov 2015 13:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21045

Actions (login required)

View Item View Item