PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF SCIENCEPOLY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA ENERGI DALAM KEHIDUPAN


Nailatun Najah , 4001411027 (2015) PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF SCIENCEPOLY BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA TEMA ENERGI DALAM KEHIDUPAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411027-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan media edukatif science-poly berbasis Problem Based Learning (PBL) bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) dari Sugiyono. Hasil penelitian di SMP Negeri 36 Semarang menunjukkan bahwa media science-poly berbasis PBL layak digunakan berdasarkan validasi ahli karena mempunyai nilai kelayakan dari segi media sebesar 95,06% dan segi materi 94,44% dengan kriteria sangat layak. Keefektifan media edukatif sciencepoly berbasis PBL ditinjau dari hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotorik) dan kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan analisis nilai pretest dan posttest. Hasil belajar kognitif dianalis menggunakan uji N-gain dan Uji t yang menunjukkan peningkatan sedang yaitu 0,56 pada uji N-gain setelah itu diuji menggunakan uji t menunjukkan nilai thitung> ttabel (12,25>1,98) dikategorikan bahwa hasil belajar kognitif meningkat secara signifikan. Hasil belajar afektif dan psikomotorik juga mengalami peningkatan disetiap pertemuan. Kemampuan berpikir kritis peserta didik juga mengalami rata-rata peningkatan dari lima indikator sebesar 0,46 dengan menggunakan uji N-gain, hal ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis peserta didik meningkat dengan kategori sedang. Dengan demikian, media edukatif science-poly berbasis PBL merupakan media yang layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dan kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Science-poly, Problem Based Learning, Berpikir kritis.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:32
Last Modified: 11 Nov 2015 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21043

Actions (login required)

View Item View Item