PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG


Aris Sulistyo , 1401411484 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SDN PLALANGAN 04 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411484-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi observasi suasana proses pembelajaran di kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang, meliputi proses pembelajaran masih berpusat pada guru, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran rendah, pemanfaatan media yang kurang inovatif, aktivitas siswa terlihat pasif menyebabkan hasil belajar siswa masih dibawah KKM mata pelajaran IPS ≤66. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti bersama guru kolaborator menerapkan model pembelajaran Make A Match dengan media Audio Visual untuk mengatasi masalah tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model Make A Match dengan media Audio Visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang?. Tujuan penelitian meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar, melalui model Make A Match dengan media Audio Visual pada siswa kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus, setiap siklus satu kali pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang yang berjumlah 26 siswa. Variabel penelitian meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 25 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh skor 34 dengan kriteria sangat baik, pada siklus III dengan kriteria sangat baik memperoleh skor 35, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 21,96 dengan kriteria baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 23,80 dengan kriteria baik, pada siklus III memperoleh rata-rata skor 29,4 dengan kriteria sangat baik, (3) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 76% pada siklus II sebesar 88%, pada siklus III sebesar 96% (sudah memenuhi indikator keberhasilan). Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model Make A Match dengan media Audio Visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS kelas V SDN Plalangan 04 Kota Semarang. Saran dari peneliti adalah melalui model Make A Match dengan media Audio Visual ini semoga dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam perbaikan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Model Make A Match, Media Audio Visual
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:26
Last Modified: 11 Nov 2015 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21040

Actions (login required)

View Item View Item