KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA SURAT KABAR PADA SISWA KELAS IV C SDN PETOMPON 02 SEMARANG


DITA FAJARIA, 1401411483 (2015) KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN MEDIA SURAT KABAR PADA SISWA KELAS IV C SDN PETOMPON 02 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411483-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh observasi awal berupa hasil belajar siswa di kelas IV C SDN Petompon 02 Semarang. Pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan menulis siswa kelas IV C SDN Petompon 02 Semarang masih terdapat permasalahan. Guru belum menggunakan inovasi dalam pembelajaran, siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis pengumuman dan kemampuan siswa dalam menggunakan bahasa yang baku masih kurang. Keadaan tersebut dibuktikan dengan nilai siswa pada keterampilan menulis belum memuaskan. Terdapat 25 siswa (60,98%) dari 41 siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan (≥70). Untuk memperbaiki dilakukan penelitian melalui model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan media surat kabar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan menulis pengumuman di kelas IV C SDN Petompon 02 Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV C SDN Petompon 02 Semarang berjumlah 41 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan nontes. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1) keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor 27 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh skor 30 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh skor 35 dengan kategori sangat baik, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata skor 22,9 dengan kategori baik, pada siklus II memperoleh rata-rata skor 25,07 dengan kategori baik, dan pada siklus III memperoleh rata-rata skor 28,62 dengan kategori baik (3) persentase ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 52,5% dengan kualifikasi tidak tuntas, pada siklus II sebesar 75,6% dengan kualifikasi tuntas dan pada siklus III sebesar 89,5% dengan kualifikasi tuntas. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan media surat kabar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan keterampilan menulis pengumuman siswa kelas IV C. Peneliti memberikan saran agar penggunaan model dan media pembelajaran lebih bervariatif, sehingga siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Numbered Heads Together, Pengumuman, Surat Kabar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:20
Last Modified: 11 Nov 2015 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21036

Actions (login required)

View Item View Item