PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN TAVOL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2014


Varibut Arif Risalian , 6101410063 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PERMAINAN TAVOL UNTUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 WIROSARI KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2014. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 6101410063-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran bola voli masih belum dikemas dalam bentuk modifikasi, sehingga dijumpai siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Permainan Tavol untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1Wirosari Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun 2014.Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Permainan Tavol untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Wirosari Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan Tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah pengembangan dari Borg & Gall yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan yang didapat dari hasil pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan tavol), (3) uji validasi ahli yaitu menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran penjasorkes sekolah menengah pertama, serta uji coba skala kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba skala kecil (12 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji coba lapangan (36 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) hasil akhir model permainan tavol bagi siswa kelas VIII yang dihasilkan melalui revisi uji coba lapangan. Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar83,34% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba skala kecil didapat persentase sebesar 81,65% (baik). Dari hasil rata-rata validasi ahli pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 86,66% (baik). Hasil rata-rata kuesioner siswa pada uji coba lapangan didapat persentase sebesar 90,72% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model permainan tavol ini dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran penjasorkes bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wirosari Kecamatan Wirosari Kabupaten Grobogan.Saran bagi guru penjasorkes di sekolah menengah pertama dapat menggunakan produk model permainan tavol sebagai alternatif dalam menyampaikan materi pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, bola voli, tavol.
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: rizqi mulyantara unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:22
Last Modified: 11 Nov 2015 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21035

Actions (login required)

View Item View Item