PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL MAKE a MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 02 KOTA SEMARANG


Leny Shela Purnianingrum, 1401411482 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL MAKE a MATCH BERBANTUAN MEDIA KARTU BERGAMBAR SISWA KELAS V SDN KARANGANYAR 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411482-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi observasi awal di kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang yang menunjukkan guru kurang melakukan variasi, kurang memanfaatkan media untuk menunjang pembelajaran serta kurang memperhatikan siswa yang berbicara sendiri. Sementara siswa kurang antusias, kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran dan cenderung pasif. Sehingga hasil belajar siswa rendah. Untuk memperbaiki dilakukan penelitian melalui model make a match berbantuan media kartu bergambar. Rumusan masalah penelitian adalah Bagaimana model Make a Match berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang?. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran PKn melalui model Make a Match berbantuan media kartu bergambar siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang berjumlah 42 siswa. Variabel penelitian adalah keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) keterampilan guru siklus I memperoleh skor 28 dengan kriteria baik, siklus II memperoleh skor 32 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh skor 35 dengan kriteria sangat baik, 2) aktivitas siswa siklus I memperoleh rata-rata skor 21,7 dengan kriteria cukup, siklus II memperoleh rata-rata skor 25,13 dengan kriteria baik dan siklus III memperoleh rata-rata skor 28,21 dengan kriteria baik, 3) hasil belajar siswa dengan ketuntasan klasikal siklus I 63%, siklus II 76,32% dan siklus III 86,84%. Simpulan penelitian ini membuktikan model make a match berbantuan media kartu bergambar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Karanganyar 02 Kota Semarang. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti memberikan saran guru dengan menerapkan model make a match berbantuan media kartu bergambar sebagai solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas; make a match; media kartu bergambar; pembelajaran; PKn
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:12
Last Modified: 11 Nov 2015 13:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21033

Actions (login required)

View Item View Item