EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL IPA BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN SISWA SMP


Lissay Riana Mardini , 4001411021 (2015) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODUL IPA BERBASIS JOYFUL LEARNING PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411021-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil wawancara dan observasi di SMP Negeri 7 Semarang diketahui bahwa kurangnya inovasi bahan ajar dan pembelajaran masih berpusat pada guru mengakibatkan kurang optimalnya pemahaman konsep dan kemandirian siswa. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan pemahaman konsep dan kemandirian siswa adalah modul yang berbasis joyful learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas modul IPA berbasis joyful learning tema pencemaran lingkungan terhadap pemahaman konsep dan kemandirian siswa. Desain penelitian menggunakan quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen dipilih secara purposive sampling. Hasil analisis pemahaman konsep siswa setelah dilakukan uji N-gain, kelas eksperimen sebesar 0,47 (sedang) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol sebesar 0,16 (rendah), dipertegas pada analisis uji t pemahaman konsep diperoleh thitung = 5,41569 lebih besar dari ttabel= 1,67 menunjukkan adanya perbedaan rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Rata-rata persentase kemandirian siswa kelas eksperimen tiap aspek semuanya masuk ke dalam kategori sangat baik. Dari hasil analisis data diperoleh simpulan bahwa modul IPA berbasis joyful learning tema pencemaran lingkungan tema efektif terhadap pemahaman konsep dan kemandirian siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: modul, joyful learning, pemahaman konsep, kemandirian.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:10
Last Modified: 11 Nov 2015 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21030

Actions (login required)

View Item View Item