IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA TOPIK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER SISWA


Tunjung Pawestri , 4001411017 (2015) IMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA TOPIK ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411017-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam kurikulum 2013 menekankan pembangunan karakter yang positif dan peran aktif para peserta didik dalam proses pembelajaran. Di dalam pembelajaran IPA, guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran sesuai dalam lampiran peraturan menteri pendidikan nasional No.16 tahun 2007 tentang standar kualifikasi akademik dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi multimedia interaktif pada topik energi dalam sistem kehidupan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan karakter siswa. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian yaitu kelas VII B dan VII D SMP Negeri 9 Semarang tahun ajaran 2014/2015 semester genap masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi untuk mencari data awal pemahaman konsep dan karakter, metode tes dengan menggunakan pretest dan posttest, dan metode observasi untuk memperoleh data karakter akhir. Hasil uji thitung (5,23) lebih besar dari ttabel (1,99) sehingga dapat disimpulkan implementasi multimedia interaktif dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep. Besarnya peningkatan pemahaman konsep yang diukur dengan N-gain menunjukkan kedua kelas berada pada kriteria sedang, pada kelas eksperimen (0,55) lebih besar dibandingkan kelas kontrol (0,35). Pengukuran karakter dari keseluruhan lima karakter menunjukkan hasil N-gain kelas eksperimen (0,31) lebih besar daripada kelas kontrol (0,20). Peningkatan karakter pada kelas eksperimen berada di kriteria sedang dan kelas kontrol berada pada kriteria rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi multimedia interaktif pada topik energi dalam sistem kehidupan dapat meningkatkan pemahaman konsep dan karakter siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Topik Energi dalam Sistem Kehidupan, Pemahaman Konsep dan Karakter
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:02
Last Modified: 11 Nov 2015 13:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21029

Actions (login required)

View Item View Item