PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG


RUWI ROHIALAM, 1401411481 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA CD INTERAKTIF PADA SISWA KELAS V SDN PAKINTELAN 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411481-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas V SDN Pakintelan 03 kota Semarang permasalahan dalam pembelajaran IPA yang ditemukan adalah: kegiatan pembelajaran kurang mengaktifkan siswa dan kurang mengoptimalkan penggunaan media maupun penerapan model pembelajaran yang inovatif, kurang menekankan kerja siswa individu dalam suatu kelompok belajar, kurang dapat bekerja sama dalam kelompok dan hanya mengandalkan teman dalam kelompoknya saja. Permasalahan tersebut berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa sehingga perlu dilaksanakan penelitian tindakan kelas. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Pakintelan 03 kota Semarang? Tujuan penelitian adalah meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada siswa kelas V SDN Pakintelan 03 kota Semarang dengan menggunakan model Scramble berbantuan media CD Interaktif. Penelitian tindakan kelas terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah guru dan 30 siswa kelas V SDN Pakintelan 03. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan non tes. Hasil observasi keterampilan guru siklus I memperoleh skor 24,5 dengan kriteria baik. Pada siklus II memperoleh skor 30 dengan kriteria sangat baik. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan keterampilan guru. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 20 dengan kriteria cukup. Siklus II meningkat dengan skor rata-rata 24,1 dengan kriteria baik. Data tersebut menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa. Ketuntasan belajar klasikal siklus I adalah 60%. Kemudian meningkat pada siklus II meningkat menjadi 82%. Simpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran scramble berbantuan media CD Interaktif dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada siswa kelas VA SDN Pakintelan 03 kota Semarang pada mata pelajaran IPA. Saran bagi guru yaitu guru hendaknya menerapkan model dan media pembelajaran yang inovatif untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CD Interaktif, Kualitas Pembelajaran IPA, Model Scramble
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 13:07
Last Modified: 11 Nov 2015 13:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21026

Actions (login required)

View Item View Item