PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL STAD STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS VB SDN PUDAKPAYUNG 01 SEMARANG


Siti Zulaihah, 1401411477 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL STAD STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKITAR PADA SISWA KELAS VB SDN PUDAKPAYUNG 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411477-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA merupakan pembelajaran yang bersifat konkrit, bukan hanya sekedar teori, sehingga pembelajaran IPA seharusnya lebih menekankan pada keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil refleksi membuktikan bahwa pembelajaran IPA selama ini masih berpusat pada guru, dan siswa hanya sebagai penerima informasi apa yang disampaikan oleh guru. Dari permasalahan tersebut maka ditentukan solusi dengan menerapkan model Student Team Achievement Division dengan berbantuan lingkungan sekitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran IPA pada KD 5.2, KD 7.6, dan KD 7.7 melalui model STAD berbantuan lingkungan sekitar pada siswa kelas VB di SDN Pudakpayung 01 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siwa, dah hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dan terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas VB yang berjumalah 39 siswa. Variabel penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan Non tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan setiap variabel pada setiap siklusnya, setiap siklus terdiri dari satu pertemuan. Tingkat pencapaian keterampilan guru di siklus I skor 27 dengan kategori baik, siklus II skor 29 dengan kategori baik dan siklus III skor 37 dengan kategori sangat baik. Tingkat pencapaian aktivitas siswa di siklus I skor 29,84 dengan kategori cukup, siklus II skor 32,5 dengan kategori baik dan siklus III skor 35 dengan kategori sangat baik. Tingkat ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 54%, siklus II sebesar 69% dan siklus III sebesar 85% . Simpulan penerapan model pembelajaran STAD berbantuan lingkungan sekitar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VB SDN Pudakpayung 01 Semarang. Saran model STAD berbantuan lingkungan dapat digunakan sebagai salah satu cara meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPA, lingkungan sekitar, siswa kelas VB, STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:55
Last Modified: 11 Nov 2015 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item View Item