PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG


SHIMA INDAH ROSITA, 1401411472 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS IV SDN PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411472-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan refleksi di kelas IVA SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang, ditemukan permasalahan yaitu pembelajaran IPS yang kurang optimal, model dan media pembelajaran kurang inovatif, siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar IPS dengan ketuntasan klasikal sebanyak 21,7%. Salah satu solusi untuk memecahkan masalah tersebut dengan menggunakan model Reciprocal Teaching dengan media audio visual. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah melalui model Reciprocal Teaching dengan media audio visual dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVA. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan meningkatnya (a) keterampilan guru pada siklus I pertemuan I skor 19 (baik), pertemuan II skor 25 (baik), siklus II pertemuan I skor 31 (sangat baik), pertemuan II skor 34 (sangat baik); (b) aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I rata-rata skor 17,24 (cukup), pertemuan II rata-rata skor 21,5 (baik), pada siklus II pertemuan I rata-rata skor 23,7 (baik), pertemuan II rata-rata skor 24,2 (baik); (c) ketuntasan klasikal hasil belajar siklus I pertemuan I sebanyak 54,55%, pertemuan II sebanyak 63,64%. Pada siklus II pertemuan I sebanyak 68,18% dan pertemuan II sebanyak 81,82%. Simpulan penelitian ini yaitu model Reciprocal Teaching dengan media audio visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPS yang meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IVA. Saran peneliti sebaiknya guru menerapkan model Reciprocal Teaching dengan media audio visual dalam kegiatan pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran IPS; media audio visual; model Reciprocal Teaching.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:51
Last Modified: 11 Nov 2015 12:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21021

Actions (login required)

View Item View Item