SURVEI HASIL PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PELAJAR YANG MENGIKUTI ORGANISASI SUPORTER SEPAK BOLA PSIS SNEX (SUPORTER SEMARANG EXTREME) UNGARAN DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014

Adi Wiyoto, 6101409153 (2014) SURVEI HASIL PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PELAJAR YANG MENGIKUTI ORGANISASI SUPORTER SEPAK BOLA PSIS SNEX (SUPORTER SEMARANG EXTREME) UNGARAN DI KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2014. UNSPECIFIED thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1466Kb)

    Abstract

    Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendidikan karakter pelajar yang mengikuti organisasi suporter Snex Ungaran di Kabupaten Semarang yang sering terlibat aksi tawuran. tujuan yang ingin di capai dalam penelitian ini adalah untuk mengtahui sejauh mana para pelajar menerapkan pendidikan karakter dalam mengikuti organisasi suporter Snex Ungaran Kabupaten Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, artinya permasalahan yang dibahas dalam penelitian bertujuan untuk membuat deskripsi dengan persentase, gambaran atau lukisan secara sistematik, faktual dan akurat mengenai fakta – fakta, sifat – sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki contohnya yaitu peristiwa yang terjadi antara suporter PSIS semarang dengan warga godong purwodadi Tanggal 5 mei tahun 2013. Dari adanya fenomena tersebut diatas maka peneliti ingin mengetahui sejauh mana penerapan pendidikan karakter pada pelajar yang mengikuti organisasi suporter PSIS Snex terutama di korwil Kabupaten Semarang yaitu Snex Ungaran. Hasil penelitian ini pada kusioner, pada aspek Respek di peroleh hasil persentase 86% dalam kategori sangat baik, 11% dalam kategori baik, 3% dalam kategori cukup baik. Pada aspek tanggung jawab diperoleh persentase 31% dalam kategori sangat baik, 46% dalam kategori baik, 20% dalam kategori cukup baik dan 3% dalam kategori kurang baik. Pada aspek jujur diperoleh hasil 24% dalam kategori sangat baik, 48% dalam kategori baik, 21% dalam kategori cukup baik, 6% dalam kategori kurang baik dan 1% dalam kategori tidak baik. Untuk aspek peduli terdapat 41% dalam kategori sangat baik,31% dalam kategori baik, 18% dalam kategori cukup baik dan 10% dalam kategori kurang baik. Pada aspek beradab diperoleh hasil persentase 81% dalam kategori sangat baik, 13% dalam kategori baik, 5% dalam kategori cukup baik dan 1% dalam kategori kurang baik. Pada aspek yang terahir yaitu adil terdapat hasil persentase 39% dalam kategori sangat baik, 35% dalam kategori baik, 19% dalam kategori cukup baik, 6% dalam kategori kurang baik dan 1% tergolong dalam kategori karakter tidak baik. Dari hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa hasil penerapan pendidikan karakter pelajar yang mengikuti organisasi suporter Snex Ungaran di Kabupaten Semarang termasuk kategori baik, akan tetapi dengan adanya hasil kuesioner yang menunjukan karakter kurang baik dan tidak baik dapat berpengaruh besar terhadap karakter pelajar yang rata – rata berperilaku baik maka dari itu disimpulkan bahwa hal tersebut dapat memicu aksi tawuran antar suporter dalam i suatu pertandingan sepak bola. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini untuk organisasi suporter Snex Ungaran Korwil Kabupaten Semarang hendaknya banyak menekan pendidikan karakter Suporter anggotanya yang mengacu pada kegiatan yang bersifat positif dan produktif.

    Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
    Uncontrolled Keywords: Survei, pendidikan karakter, suporter sepak bola
    Subjects: O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
    Depositing User: rizqi mulyantara unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 07:56
    Last Modified: 11 Nov 2015 07:56

    Actions (login required)

    View Item