EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBASIS INKUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROTISTA


Bambang Riyono, 4401410078 (2015) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBASIS INKUIRI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PROTISTA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401410078-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil observasi di sekolah menunjukkan bahwa guru telah melakukan variasi dalam pembelajaran biologi. Meskipun demikian, tidak semua hasil belajar biologi mencapai ketuntasan minimal, salah satunya materi protista. Selain itu, motivasi belajar siswa di akhir semester menurun. Model pembelajaran picture and picture menggunakan gambar sebagai media penyampaian materi. Model pembelajaran picture and picture memiliki kelemahan yaitu masih ditemukan siswa yang kurang aktif sehingga perlu dipadukan dengan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa yaitu pembelajaran berbasis inkuiri. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas model picture and picture berbasis inkuri terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi protista. Penerapan model dilaksanakan di SMAN 1 Kutowinangun pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015 menggunakan 3 kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIA3, X MIA 4 dan X MIA 5. Penelitian ini menggunakan desain one shot case study. Data dalam penelitian ini meliputi motivasi belajar, hasil belajar (afektif, psikomotorik dan kognitif), tanggapan siswa dan guru. Data motivasi belajar dan tanggapan siswa diperoleh dengan angket, hasil belajar afektif dan psikomotorik dengan observasi, hasil belajar kognitif diperoleh dari nilai poster, LDS dan posttest, serta tanggapan guru dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa pada pembelajaran menggunakan model picture and picture berbasis inkuiri tergolong dalam kriteria sedang, tinggi dan sangat tinggi dengan rata-rata persentase kriteria tinggi dan sangat tinggi sebesar 85,15%. Hasil belajar afektif menunjukkan adanya peningkatan pada semua aspek yang diamati. Hasil belajar afektif siswa pada kriteria baik dan sangat baik. Hasil belajar psikomotorik pada kriteria baik dan sangat baik. Hasil belajar kognitif menunjukkan bahwa rata-rata persentase ketuntasan siswa sebesar 77,8% dengan KKM 75. Hasil analisis tanggapan menunjukkan bahwa siswa dan guru memberikan tanggapan yang baik dan tertarik terhadap penerapan model picture and picture berbasis inkuiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model picture and picture berbasis inkuiri pada materi protista efektif terhadap motivasi dan hasil belajar (afektif, psikomotorik dan kognitif) siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: picture and picture berbasis inkuiri, motivasi, hasil belajar, protista
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QL Zoology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:53
Last Modified: 11 Nov 2015 12:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21018

Actions (login required)

View Item View Item