MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C DI UPTD SKB UNGARAN KAB. SEMARANG
Septiani , 1201411009 (2015) MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C DI UPTD SKB UNGARAN KAB. SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui motivasi belajar warga belajar program kejar paket C di UPTD SKB Ungaran Kab. Semarang (2) untuk mengetahui upaya warga belajar dalam meningkatkan motivasi belajar program kejar paket C, dan (3) mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningatkan motivasi belajar warga belajar kejar paket C di UPTD SKB Ungaran Kab. Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam penilitian ini yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 9 orang, yang terdiri dari 6 warga belajar dan 3 orang tutor. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi data metode. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; dan (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) minat dan perhatian belajar pada warga belajar dapat dikatakan cukup tinggi; (2) warga belajar selalu mampu mengahadapi kesulitan-kesulitan pada saat belajar; (3) warga belajar aktif dalam merespon pada saat pembelajaran; (4) motivasi yang diberikan oleh tutor mampu meningkatkan motivasi pada saat pembelajaran; (5) komunikasi yang baik antara para warga belajar begitupun dengan komunikasi yang terjalain antar warga belajar. (6)faktor pendukung seperti sarana dan prasarana dan teman-teman yang selalu membantu saat kesulitan belajar menjadi mendukung dalam motivasi belajar warga belajar. dan (7) faktor penghambat yaitu masalah-masalah yang datang dalam diri warga belajar terkadang menghambat motivasi belajar warga belajar. Berdasarkan simpulan tersebut disarankan: (1) Warga belajar, warga belajar mampu meningkatkan motivasi belajar yaitu warga belajar dapat mengunjungi perpustakaan saat jam istirahat, tidak membolos saat pembelajaran, dan belajar bersama dengan teman-temen sekelas, dan (2) Tutor, tutor dapat membuat suasana pembelajaran menjadi lebih menarik, seperti dengan membuat metode pembelajaran yang menarik perharian warga belajar dan tutor selalu memberikan motivasi-motivasi belajar pada warga belajar.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi belajar; warga belajar |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | imanda fachruddin unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 12:42 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 12:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21015 |
Actions (login required)
View Item |