MODEL THINK PAIR SQUARE BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA TEMA SISTEM TRANSPORTASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA
Qurrota A'yun , 4001411003 (2015) MODEL THINK PAIR SQUARE BERBASIS GUIDED INQUIRY PADA TEMA SISTEM TRANSPORTASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH SISWA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Think Pair Square berbasis Guided Inquiry pada tema sistem transportasi terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa, serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini yaitu quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan model Think Pair Square berbasis guided inquiry, dan kelas VIIIH sebagai kelas kontrol diberi perlakuan model Think Pair Square berbasis structured inquiry. Data diambil dengan metode tes yaitu pre-test dan post-test, observasi (sikap ilmiah), dan metode angket (tanggapan tentang model dan penilaian diri). Uji hipotesis yang dipakai yaitu uji perbedaan dua rata-rata (hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar (post-test) kelas eksperimen (78,80) lebih tinggi dari kelas kontrol (76,13). Nilai N-gain kedua kelas masing-masing meningkat sebesar 0,56 dan 0,48 (kategori sedang). Ketuntasan klasikal kelas eksperimen (96,88%) > kelas kontrol (90,32%). Dari uji hipotesis, diperoleh t hitung> t tabel (1,704 > 1,671). Dalam artian ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Rerata nilai sikap ilmiah kelas eksperimen (79,3) lebih tinggi dari kelas kontrol (77,6). Uji hipotesis sikap ilmiah diperoleh phitung< α (0,044< 0,05). Dalam artian ada perbedaan sikap ilmiah yang signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol. Tanggapan siswa tentang model Think Pair Square berbasis guided inquiry dinyatakan efektif (80,78). Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa model Think Pair Square berbasis guided inquiry pada tema sistem transportasi efektif terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Square, Guided Inquiry, Tema Sistem Transportasi, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Ilmiah Siswa |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 12:43 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 12:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21014 |
Actions (login required)
View Item |