PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “POP UP BOOK” MATERI VIRUS BAGI SISWA KELAS X SMA


IKSHANIA NIKMATUL JANNAH, 4401410062 (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “POP UP BOOK” MATERI VIRUS BAGI SISWA KELAS X SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401410062-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi materi virus di SMA N 1 Muntilan, menggunakan media antara lain, power point, buku, video, dan internet. Guru belum pernah mengembangkan media pembelajaran lain yang inovatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas Pop-Up Book yang dikembangkan dalam pembelajaran biologi materi virus. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D). Pop-Up Book hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Ujicoba skala luas dilakukan di SMA N 1 Muntilan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIA 3 sebagai kelas eksperimen. Data yang diambil adalah hasil belajar siswa, aktivitas siswa, serta penilaian siswa dan guru. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental design dengan Non equivalent control group design. Pop-Up Book dikatakan layak apabila memenuhi kriteria rerata skor persentase masing-masing validator >62,5% dengan kategori valid dan sangat valid, penilaian siswa dan guru masing-masing mencapai rerata skor >61%, sekurang-kurangnya hasil belajar 75% dari total siswa mencapai KKM KD 3.3 >75, serta 75% dari total siswa melakukan aktivitas belajar dengan kategori aktif dan sangat aktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian ahli menyatakan Pop-Up Book telah memenuhi standar kelayakan buku sebesar 97,9% dengan kriteria sangat valid oleh ahli media dan 70,73% dengan kriteria sangat valid oleh guru, 92,84% dengan kriteria sangat valid oleh ahli materi dan 69,43% dengan kriteria valid oleh guru. Pada ujicoba pemakaian hasil posttest siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu sebesar 86,67% serta jumlah siswa dengan tingkat aktivitas aktif dan sangat aktif sebesar 93,33% di kelas X MIA 3. Hasil tanggapan Guru dan siswa menunjukkan tanggapan positif tehadap penggunaan Pop-Up Book materi virus bagi siswa kelas X SMA. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Pop-Up Book materi virus memenuhi kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas X

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media, Pop-Up Book, materi virus.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QR Microbiology > QR355 Virology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:40
Last Modified: 11 Nov 2015 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21012

Actions (login required)

View Item View Item