PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN FOTONOVELA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SAINS SISWA SMP


Intan Mustikaningrum , 4001411001 (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN FOTONOVELA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SIKAP SAINS SISWA SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001411001-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (776kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 36 Semarang. Hasil observasi menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mempunyai nilai rendah dibawah KKM yaitu 73. Permasalahan lain yang ada yaitu kurang aktifnya siswa didalam proses pembelajaran. Ketidakaktifan siswa dikarenakan pembelajaran IPA masih menggunakan pembelajaran teacher center. Pada penelitian ini proses pembelajaran akan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan fotonovela. Pada setiap pertemuan siswa akan membuat proyek fotonovela yang terkait dengan pemanasan global. Pembuatan proyek fotonovela dilakukan siswa secara berkelompok, hal tersebut diharapkan dapat membuat siswa menjadi aktif dalam pembelajaran.Tahapan dalam model PjBL berbantuan fotonovela juga diharapkan dapat mempermudah siswa memahami proses pemanasan global sehingga siswa mendapatkan nilai tinggi diatas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pembelajaran PjBL berbantuan fotonovela dengan hasil belajar siswa dan hubungan pembelajaran PjBL berbantuan fotonovela dengan sikapsains siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi experimental design.Subyek pada penelitian adalah siswa kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol.Hasildari penelitian ini terdapat hubungan antara model pembelajaran PjBL berbantuan fotonovela dengan hasil belajar siswa sebesar 0,64816. Nilai korelasi tersebut diartikan terdapat hubungan linier sempurna yang dikategorikan kuat. Analisis hubungan antara model pembelajaran PjBL berbantuan fotonovela terhadap sikap sains siswa sebesar 0,4068 diartikan terdapat hubungan linier yang sempurna yang dikategorikan cukup.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Fotonovela; Hasil Belajar; Sikap sains siswa.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:38
Last Modified: 11 Nov 2015 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21011

Actions (login required)

View Item View Item