MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BATIK BREBESAN (Studi di Mitra Batik Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes)


Eka Widiasih , 1201411002 (2015) MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN BATIK BREBESAN (Studi di Mitra Batik Desa Bentar, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201411002-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskrpsikan proses monitoring pada pelatihan Batik Brebesan di Mitra Batik; (2) Mendeskripsikan proses evaluasi program pada pelatihan Batik Brebesan di Mitra Batik; (3) Mendeskripsikan hasil dari pelatihan Batik Brebesan di Mitra Batik; (4) Mendeskripsikan dampak dari pelatihan yang telah dilaksanakan di Mitra Batik; (5) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam proses pelatihan Batik Brebesan di Mitra Batik. Penelitian monitoring dan evaluasi program pelatihan Batik Brebesan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 3 orang yang terdiri dari monitor internal, monitor eksternal, evaluator dan 3 orang informan yaitu peserta pelatihan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi: triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi teori. Teknik penganalisisan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) pengumpulan data; (2) reduksi data; (3) penyajian data; (4) penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Monitoring dilakukan oleh internal dan eskternal, monitor internal tidak menggunakan instrumen yang jelas, sedangkan monitor eksternal mengunakan instrumen; (2) Evaluator program tidak menggunakan instrumen dan evaluator kurang memenuhi kompetensi evaluator program (3) Hasil pelatihan mencakup tiga aspek yaitu kognitif, keterampilan dan sikap, yang paling dominan adalah aspek keterampilan; (4) Dampak pelatihan adanya peningkatan kinerja dan peningkatan penghasilan bagi para peserta; (5) Faktor pendukung dan penghambat berasal dari internal dan eksternal. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan: (1) Monitoring yang dilakukan oleh pihak internal hendaknya memperhatikan prinsip monitoring; (2) Perlu adanya perbaikan dalam hal manajemen pelatihan di Mitra Batik; (3) Evaluator di Mitra Batik hendaknya mengetahui teori tentang evaluasi program; (3) Pelatihan ini sudah mencapai hasil yang mencakup tiga aspek, yaitu aspek kognitif, keterampilan dan aspek afektif; (4) Adanya hasil pelatihan ini diharapkan pihak penyelenggara terus melakukan pemantauan agar pelatihan ini bermanfaat bagi peserta; (5) Diharapkan penyelenggaraan pelatihan membatik di waktu mendatang lebih profesional dengan didukung oleh pemerintah setempat agar Batik Salem ini semakin dikenal oleh khalayak luas; (6) Adanya faktor pendukung dalam pelaksanaan pelatihan yaitu instruktur yang kompeten semakin dioptimalkan lagi, dan meminimalisir faktor penghambat seperti emosi peserta yang tidak stabil dengan terus memberikan motivasi pada peserta agar memiliki kepribadian yang tangguh.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: monitoring; evaluasi program; pelatihan.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:38
Last Modified: 11 Nov 2015 12:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21009

Actions (login required)

View Item View Item