PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG


LILIS TYANINGRUM, 1401411470 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION DENGAN MEDIA POWERPOINT PADA SISWA KELAS V SDN PUDAKPAYUNG 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411470-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hakhak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, berkarakter yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD NKRI 1945 . Berdasarkan pengamatan peneliti, diketahui bahwa pembelajaran PKn yang berlangsung belum menggunakan model pembelajaran yang variatif, pemanfaatan media kurang optimal, siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini ditunjukkan 27 dari 43 siswa yang belum mencapai KKM yang ditetapkan yaitu 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah model pembelajaran AIR dengan media Powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang? 2) Apakah model pembelajaran AIR dengan media Powerpoint dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang? 3) Apakah model pembelajaran AIR dengan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang? Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar PKn kelas V SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. setiap siklus terdiri atas satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V sebanyak 43 siswa, yaitu 15 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Teknik pengambilan data meliputi teknik tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan guru siklus I diperoleh skor 21 (baik), siklus II diperoleh skor 26 (baik), siklus III skor 30 (sangat baik). Rata-rata skor aktivitas siswa siklus I 18,47 (baik), siklus II 21,93 (baik), siklus III skor 24,51 (sangat baik). Sedangkan rata-rata hasil belajar siklus I sebesar 66,4 ketuntasan klasikal 58,1%, siklus II sebesar 77,6 ketuntasan klasikal 76,7%, siklus III sebesar 80,8 ketuntasan klasikal 86%. Simpulan melalui model Auditory Intellectually Repetition dengan media Powerpoint mampu meningkatkan kualitas pembelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Pudakpayung 02 Kota Semarang. Saran hendaknya guru menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan media yang bervariasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Auditory Intellectually Repetition, kualitas, pembelajaran, PKn, Powerpoint.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:46
Last Modified: 11 Nov 2015 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21008

Actions (login required)

View Item View Item