PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN LETJEN SUPRAPTO KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN


Ika Rista Septiani, 1401411469 (2015) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MOTIVATOR TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEKOLAH DASAR DAERAH BINAAN LETJEN SUPRAPTO KECAMATAN BOJONG KABUPATEN PEKALONGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411469-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kompetensi pedagogik pada dasarnya merupakan kemampuan guru dalam mengelola pemebelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Kompetensi pedagogik perlu dikuasai oleh guru dalam mengajar. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kompetensi pedagogik guru, antara lain peran kepala sekolah. Sebagai pemimpin kepala sekolah berperan untuk memotivasi guru supaya dapat meningkatkan kompetensinya guna mencapai tujuan pendidikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai motivator terhadap kompetensi pedagogik guru sekolah dasar Dabin Letjen Suprapto Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru SD Dabin Letjen Suprapto Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan yang berjumlah 72 guru. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan simple Random Sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 61 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk peran kepala sekolah sebagai motivator dan kompetensi pedagogik guru. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil R sebesar 0,716 yang artinya terjadi hubungan yang kuat antara peran kepala sekolah sebagai motivator dengan kompetensi pedagogik guru, (2) koefisien determinasi (R 2 ) 0,513 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 51,3%. Hal ini menunjukkan bahwa 51,3% kompetensi pedagogik guru dipengaruhi oleh peran kepala sekolah sebagai motivator, sedangkan 48,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian. (3) nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05 maka H 0 ditolak dan H a diterima, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara peran kepala sekolah sebagai motivator terhadap kompetensi pedagogik guru. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu, semakin tinggi kepala sekolah melaksanakan perannya sebagai motivator akan semakin meningkatkan kompetensi pedagogik guru sehingga diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kompetensi pedagogik guru; motivasi; peran kepala sekolah.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:32
Last Modified: 11 Nov 2015 12:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21007

Actions (login required)

View Item View Item