PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA


A’ida Fariroh, 4401410034 (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4401410034-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (16MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan dalam abad ini agar mampu bersaing, oleh karena itu pembelajaran harus mampu memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Namun hasil observasi di SMA N 1 Bandar menunjukkan bahwa pembelajaran maupun bahan ajar yang digunakan belum mampu mendukung perkembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Keterampilan berpikir kritis siswa SMA cenderung masih rendah, khususnya siswa kelas X. Oleh karena itu dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu memfasilitasi pengembangan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi virus, dan mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis PBL pada materi virus untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian Research and Development (R&D), dengan dua uji coba lapangan, yaitu uji coba skala kecil dan uji coba skala besar yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Bandar, pada kelas X MIA 1 dan X MIA 4 Semester Gasal tahun 2014/2015. Sampel uji coba skala besar diambil dengan metode random sampling dengan desain penelitian One Group Pretest Posttest Design. Hasil penilaian ahli terhadap perangkat pembelajaran berbasis PBL menunjukkan perangkat pembelajaran hasil pengembangan layak digunakan dalam pembelajaran dengan presentase aspek kelayakan silabus memperoleh 92,25%, kelayakan RPP 88,75%, dan kelayakan LKS 87,7%. Hasil uji coba skala besar menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis PBL efektif dalam pembelajaran. Rata-rata persentase keterampilan berpikir kritis siswa yaitu 74,9% dengan nilai N-gain ternormalisasi sebesar 0,63 menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berpikir kritis dengan kategori sedang. Hasil belajar meningkat sebesar 0,58 dengan kategori sedang berdasarkan analisis N- gain, rata-rata ketuntasan klasikal siswa mencapai 81,25% dan rata-rata sikap siswa mencapai 83%. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning layak dan efektif diterapkan dalam pembelajaran Virus untuk melatih keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning, keterampilan berpikir kritis, virus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:34
Last Modified: 11 Nov 2015 12:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21006

Actions (login required)

View Item View Item