PEMANFAATAN LECTORA SEBAGAI MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA TERPADU BERBASIS KOMPUTER UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
May Munah , 4001410068 (2015) PEMANFAATAN LECTORA SEBAGAI MULTIMEDIA INTERAKTIF IPA TERPADU BERBASIS KOMPUTER UNTUK SISWA SMP KELAS VIII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Guru IPA perlu memfasilitasi siswa untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang aktif, inspiratif, menyenangkan, dan memotivasi siswa. Salah satu usaha yang diperlukan guru IPA yaitu menggunakan media pembelajaran. Salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran berbantuan TIK adalah komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Lectora sebagai multimedia interaktif IPA terpadu berbasis komputer dan efektifitas multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan tahapan penelitian yang sudah dimodifikasi. Prosedur penelitian meliputi identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, uji coba skala kecil, revisi produk 1, uji coba skala besar, revisi produk 2, dan produk akhir. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Karangnyar sebanyak 31 siswa untuk uji coba skala besar. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini meliputi data hasil penilaian kelayakan multimedia interaktif tahap 1 dan 2 oleh pakar, hasil belajar siswa, dan tanggapan guru dan siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan kelayakan terhadap multimedia interaktif dinyatakan layak dengan rerata skor validasi media tahap 1 sebesar 2,63, validasi media tahap 2 sebesar 2,77, validasi materi tahap 1 sebesar 2,39, dan validasi materi tahap 2 sebesar 2,8. Ketuntasan klasikal siswa saat post test mencapai 93,55% dengan normalitas gain rata-rata yang diperoleh sebesar 0,51 dan tergolong pada kriteria sedang, sedangkan perhitungan menggunakan uji wilcoxon didapat zhitung (4,86) > ztabel (1,96) dikategorikan pencapaian tidak signifikan. Simpulan yang dapat diperoleh adalah pemanfaatan Lectora sebagai multimedia interaktif IPA terpadu layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lectora, Multimedia Interaktif, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1 |
Depositing User: | suprianto mahasiswa unnes |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 12:34 |
Last Modified: | 11 Nov 2015 12:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21005 |
Actions (login required)
View Item |