PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG


EKA ADITYA LUDFIAN, 1401411468 (2015) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN MEDIA AUDIO-VISUAL PADA SISWA KELAS IVA SDN GISIKDRONO 03 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1401411468-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memfokuskan pada pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak-hak dan kewajibannya untuk menjadi warga negara Indonesia yang cerdas, terampil, dan berkarakter. Pembelajaran PKn yang baik adalah pembelajaran yang sesuai dengan tujuan PKn yaitu: agar peserta didik memiliki (a) kemampuan berpikir secara kritis, rasional, dan kreatif dalam menanggapi isu kewarganegaraan, (b) berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab, dan bertindak secara cerdas dalam kegiatan bermasyarakat, (c) berkembang secara positif dan demokratis untuk membentuk diri berdasarkan karakter-karakter masyarakat Indonesia(d) berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain dalam percaturan dunia secara langung dengan memanfaatkan teknologi dan komunikasi. Hasil refleksi awal peneliti dengan kolaborator menunjukkan adanya permasalahan yang menyebabkan rendahnya kualitas pembelajaran PKn. Alternatif pemecahan yang ditetapkan adalah melalui model pembelajaran NHT berbantuan media Audio-visual diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari guru dan 34 siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 03 Semarang. Variabel tindakan meliputi model NHT dan media Audio-visual, sedangkan variabel masalah meliputi keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes. Teknik analisis data dengan cara analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan guru siklus I memperoleh skor 28 (baik), siklus II memperoleh skor 31 (baik), dan siklus III memperoleh skor 35 (sangat baik); (2) aktivitas siswa siklus I memperoleh skor 27,4 (baik), siklus II memperoleh skor 28,32 (baik), dan siklus III memperoleh skor 29,18 (baik); (3) persentase ketuntasan klasikal siklus I sebesar 61,76% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 70,5% (baik), dan semakin meningkat pada siklus III menjadi 82,35% (sangat baik). Simpulan penelitian ini adalah melalui model NHT berbantuan media Audio-visual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn.. Simpulanpenelitian ini model pembelajaran NHT dengan media Audiovisual dapat meningkatkan kualitas pembelajaran PKn siswa kelas IVA SDN Gisikdrono 03 Semarang. Saran yang dapat disampaikan hendaknya model NHT dengan media Audio-visual dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Audio-visual; kualitas; NHT; pembelajaran;
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: cahyo fajar unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:29
Last Modified: 11 Nov 2015 12:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21004

Actions (login required)

View Item View Item