PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU BERMUATAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA MTs KELAS VII


Zumiatun Efiyah , 4001409106 (2015) PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU BERMUATAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA MTs KELAS VII. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001409106-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Siswa untuk mata pelajaran IPA harus disesuaikan dengan pendekatan pembelajaran IPA, salah satu pendekatan yang disarankan yaitu pendekatan keterampilan proses dan terpadu antara biolagi dan fisika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan LKS IPA terpadu bermuatan karakter cinta lingkungan pada tema pencemaran lingkungan dan mengetahui pengaruh LKS IPA terpadu dalam meningkatkan karakter cinta lingkungan pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode R & D untuk mengembangkan LKS IPA terpadu bermuatan karakter cinta lingkungan. Sebelum LKS diujikan pada kelas skala besar, instrumen dikonsultasikan dan divalidasi oleh pakar, kemudian direvisi dan selanjutnya diujikan di kelas terbatas untuk diketahui hasilnya sebagai dasar untuk uji skala besar. Hasil dari penelitian pengembangan LKS IPA Terpadu: tanggapan siswa pada uji skala kecil 72,98% (kriteria baik), tanggapan siswa pada uji skala besar 85,73% (kriteria sangat baik)), tanggapan guru pada uji skala kecil 68,75% (kriteria baik), dan tanggapan guru pada uji skala besar adalah 93,75% (kriteria sangat baik). Karakter siswa meningkat yaitu pada uji skala kecil 62,4% kriteria mulai berkembang dan pada uji skala besar 87,6% dengan kriteria membudaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: LKS, IPA Terpadu, Karakter Cinta Lingkungan, Kelayakan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:26
Last Modified: 11 Nov 2015 12:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/21001

Actions (login required)

View Item View Item