PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN


Mu'alimin , 4001409093 (2015) PENGEMBANGAN LKS IPA TERPADU TEMA PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4001409093-S.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Lembar Kerja Siswa adalah salah satu panduan siswa yang harus digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan dan pemecahan masalah, agar siswa lebih aktif dalam belajar, maka peneliti ingin mengembangkan lembar kerja siswa IPA Terpadu, agar siswa bisa meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang layak digunakan berupa LKS IPA Terpadu yang berkarakter cinta lingkungan pada tema pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup, dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu terhadap hasil belajar siswa. Subjek dalam dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ketuwan. Penelitian ini menggunakan tahap penelitian Research & Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh didapatkan data kelayakan LKS IPA Terpadu dengan rata-rata persentase validasi pada aspek kelayakan media, kelayakan bahasa dan kelayakan materi yang berturut-turut sebesar 87 % , 90 % , dan 90 %. Rata-rata persentase tanggapan siswa pada skala kecil sebesar 72,98% , pada skala besar sebesar 85,73%, dan pelaksanaan kegiatan lapangan sebesar 87 %. Hasil belajar siswa pada uji coba pelaksanaan kegiatan lapangan mendapatkan persentase sebesar 85 % siswa tuntas dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, LKS IPA Terpadu, Karakter Cinta Lingkungan
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: suprianto mahasiswa unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:16
Last Modified: 11 Nov 2015 12:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20996

Actions (login required)

View Item View Item