UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C HARAPAN BANGSA DI SKB UNGARAN KELURAHAN UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Hermawati, 1201409021 (2015) UPAYA TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PROGRAM KEJAR PAKET C HARAPAN BANGSA DI SKB UNGARAN KELURAHAN UNGARAN KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201409021-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Motivasi belajar warga belajar Kejar Paket C di SKB Ungaran Kab. Semarang cukup baik dengan indikator yaitu: 1) minat dan perhatian dalam belajar, yaitu presensi yang rata-rata memenuhi 75%, 2) upaya dalam menghadapi kesulitan, yaitu saat mengalami kesulitan dalam belajar dan pengerjaan tugas warga belajar berusaha mengatasinya dengan bertanya kepada tutor, mengerjakan pekerjaan rumah bersama, dan mencatat materi pelajaran dengan untuk berprestasi, yaitu warga belajar berusaha mengerjakan tugas semaksimal mungkin walaupun terlambat tetap berusaha untuk mengerjakan; 4) mandiri dalam belajar, yaitu warga belajar menggunakan kesempatan diluar jam pelajaran dengan baik untuk mempelajari pelajaran selanjutnya yang akan diajarkan oleh tutor. Hasil penelitian menunjukkan upaya akademik tutor sangat menentukan dalam meningkatkan dan membantu menumbuhkan motivasi belajar, proses pembelajaran keterlibatan media belajar, keaktifan peserta didik, metode pembelajaran, materi yang digunakan, alokasi waktu, sumber belajar, sarana belajar dan pemberian nilai juga sangat membantu dalam meningkatkan/menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Upaya yang lain adalah upaya nonakademik tutor juga dapat menumbuhkan serta menambah motivasi belajar peserta didik. Faktor-faktor yang mendukung dalam pelaksanaan pembelajaran di SKB Ungaran, antara lain: 1) letak SKB Ungaran yang strategis yaitu di Kecamatan Ungaran; 3) SKB Ungaran memperoleh dana dari pemerintah dan swadaya; 4) adanya program pelatihan keterampilan yang diselenggarakan oleh SKB Ungaran untuk warga belajar; 5) komunikasi yang baik antara tutor dengan warga belajar; 6) motivasi dan kualifikasi tinggi yang dimiliki oleh tutor.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar; upaya tutor.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 11:51
Last Modified: 11 Nov 2015 11:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20990

Actions (login required)

View Item View Item