Proses Pembelajaran Paket B Di SKB Pemalang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang.


Listiani , 1201409001 (2015) Proses Pembelajaran Paket B Di SKB Pemalang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1201409001-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran kejar paket B merupakan suatu proses untuk memandirikan masyarakat atau komunitas melalui proses perwujudan potensi lokal yang dimiliki oleh masyarakat atau komunitas. Sebagai hasil, khususnya kelompok rentan dan lemah sehingga mereka memiliki kekuatan atau kemampuan memenuhi kebutuhannya. Oleh Karena itu, diperlukan pembelajaran yang tepat dari pengajar dalam meningkatkan semangat warga belajar. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana perencanaan proses pembelajaran paket B, pelaksananan pembelajaran, evaluasi pembelajaran. Tujuan Mendeskripsikan perencanaan proses pembelajaran paket B. Mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran paket B Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran paket B. Mendeskripsikan dampak yang ditimbulkan dari pelaksanaan pembelajaran paket B. Mendeskripsikan Kendala apasaja yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran paket B Penelitian dilakukan di SKB Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari warga belajar 6 orang informan, 2 orang dan informan tambahan 1 orang. Fokus penelitian ini adalah proses pembelajaran kejar paket B Sumber data penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat diketahui Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas matapelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar indicator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar tujuan proses pembelajaran adalah peserta didik memiliki penguasaan pada keterampilan dalam pelatihan Dengan adanya proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan biasa menguasai materi pembelajaran dengan baik dengan benar. Namun yang paling penting adalah pembelajaran tersebut dilaksanakan sadar dan dengan tujuan pasti. Kesimpulan yang dihasilkan dari penelitian di atas antara perencanaan pembelajaran yang dilakukan sangat baik sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran standar kompetensi dan indicator kompetensi, proses pembelajaran yang dilakukan dengan tepat waktu, dalam pelaksanaannya sangat baik. Saran untuk berbagai pihak yang bersangkutan dalam proses pembelajaran di SKB Pemalang agar dapat mempertahankan keberlangsungan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Proses Pembelajaran Paket B.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: imanda fachruddin unnes
Date Deposited: 11 Nov 2015 11:46
Last Modified: 11 Nov 2015 11:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20989

Actions (login required)

View Item View Item