PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGAYAAN MULTIMEDIA EXPERT STUDENT (MES) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRODUKTIF SISWA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG

Amor Bagoes Prasmarant Santoso , 1102411107 (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGAYAAN MULTIMEDIA EXPERT STUDENT (MES) UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PRODUKTIF SISWA DI SMK NEGERI 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1247Kb)

    Abstract

    Penelitian ini mengangkat penerapan model pengayaan pembelajaran Multimedia Expert Student (MES) terhadap komptensi produktif siswa di SMK Negeri 11 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui konsep dan bentuk kegiatan pengayaan melalui Multimedia Expert Student (MES) di SMK N 11 Semarang. (2) Mengetahui keefektifan kegiatan pengayaan Multimedia Expert Student (MES) di SMK N 11 Semarang dalam upaya meningkatkan kompetensi produktif siswa. Setelah kajian literatur dan pengembangan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 50 siswa jurusan multimedia di SMK Negeri 11 Semarang. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi linear sederhana, pengujian hipotesis uji F dan uji t, dan analisis koefisien determinasi. Data yang telah lulus uji validitas dan uji reliabilitas kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 20.0 dihasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y = 0.013 + 0.936X Variabel Y adalah kompetensi produktif, X adalah pengayaan Multimedia Expert Student (MES), Hipotesis menggunakan uji t dan uji F menunjukkan bahwa variabel independen (X) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen secara individual dan parsial. R2 0,729 berarti bahwa pengayaan Multimedia Expert Student (MES) mempengaruhi peningkatan kompetensi produktif sedangkan 27.1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam Skripsi ini. Perlu adanya penerapan pengayan Multimedia Expert Student (MES) karena dengan penerapan pengayaan ini terbukti dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dan efektif dalam meningkatkan kompetensi produktif siswa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengayaan Multimedia Expert Student (MES), kompetensi produktif.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
    L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
    Depositing User: imanda fachruddin unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 06:36
    Last Modified: 11 Nov 2015 06:36

    Actions (login required)

    View Item