KEEFEKTIVAN PERMAINAN RODA IQRA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs ATH THAHIRIYAH BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015

Amaliyah, 2303411019 (2015) KEEFEKTIVAN PERMAINAN RODA IQRA’ UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS VII DI MTs ATH THAHIRIYAH BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2014/2015. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[img]
Preview
PDF - Published Version
Download (1831Kb)

    Abstract

    Membaca merupakan salah satu kemampuan keterampilan berbahasa yang ingin dicapai siswa dalam pembelajaran bahasa termasuk bahasa Arab. Penguasaan bahasa Arab siswa di MTs Ath Thahiriyah Banjarnegara bisa dikatakan masih kurang termasuk keterampilan membaca. Oleh karena itu, perlu adanya alternatif teknik maupun media pembelajaran agar tidak membosankan untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab. Masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana penerapan media permainan roda iqra’ untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Ath Thahiriyah Banjarnegara tahun ajaran 2014/2015? dan 2) Bagaimana efektivitas media permainan roda iqra’ dalam meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VII di MTs Ath Thahiriyah Banjarnegara tahun ajaran 2014/2015?.Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui penerapan dan efektivitas media permainan roda iqra’ untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Ath Thahiriyah Banjarnegara. Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan pola nonequivalent control group design (pre-test post-test yang tidak ekuivalen). Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data adalah uji validitas dan uji reliabilitas, nilai rata-rata kelas kontrol dan kelas eksperimen, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan dari pre-test ke post- test. Pada pre-test kelas kontrol mendapat nilai rata-rata 59,4 sedangkan post-test mendapat nilai rata-rata 72,2. Pada pre-test kelas eksperimen mendapat nilai rata- rata 61,8 sedangkan post-test mendapat nilai rata-rata 80,8. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hipotesis yang diterima adalah hipotesis kerja yang menyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan permainan roda iqra’ efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VII Mts Ath Thahiriyah Banjarnegara.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Media permainan roda iqra’, Keterampilan membaca
    Subjects: L Education > L Education (General)
    Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
    Depositing User: sumarsono mahasiswa unnes
    Date Deposited: 11 Nov 2015 05:17
    Last Modified: 11 Nov 2015 05:17

    Actions (login required)

    View Item