PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DISTILASI BERBAHAN LIMBAH SEBAGAI IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK SISWA DALAM MEMAHAMI PEMISAHAN FRAKSI MINYAK BUMI


Dwi Norma Gupitasari , 4301411042 (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA DISTILASI BERBAHAN LIMBAH SEBAGAI IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN PSIKOMOTORIK SISWA DALAM MEMAHAMI PEMISAHAN FRAKSI MINYAK BUMI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301411042-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (14MB) | Preview

Abstract

Materi kimia pemisahan fraksi minyak bumi dapat mudah dipahami siswa apabila dilakukan dengan praktikum distilasi. Namun, tidak semua sekolah mempunyai alat laboratorium yang dapat menunjang adanya praktikum. Maka dari itu, praktikum seringkali tidak dilaksanakan sehingga penilaian pada aspek psikomotorik belum optimal. Oleh karena itu, dalam penelitian ini telah dikembangkan alat peraga distilasi berbahan limbah untuk meningkatkan psikomotorik siswa. Agar alat peraga distilasi yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan psikomotorik, maka telah dilakukan validasi ahli dan uji kepraktisan berdasarkan respon siswa dan guru. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah ADDIE, yaitu (A)nalysis, (D)esign, (D)evelopment, (I)mplementation, dan (E)valuation. Sementara model pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Sebagai subyek penelitian adalah siswa kelas X SMA Teuku Umar Semarang, untuk uji coba skala kecil adalah siswa kelas X-2 dan untuk uji coba skala besar diterapkan di kelas X-1. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, observasi, penyebaran angket, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, skor validasi dari ahli sebesar 52yang berarti alat peraga distilasi sangat layak digunakan. Selain itu, hasil respon dari siswa dan guru dapat disimpulkan bahwa alat peraga distilasi sangat praktis digunakan dengan skor kepraktisan secara klasikal dari siswa lebih dari 50% dan respon guru sebanyak 100%. Setelah menggunakan alat peraga distilasi berbahan limbah, terdapat peningkatan psikomotorik siswa secara klasikal sebesar 16,72% dan dapat membantu siswa memahami materi pemisahan fraksi minyak bumi dengan skor g= 0,55 N-gain yang termasuk dalam peningkatan pemahaman dalam kategori sedang. Dengan demikian, alat peraga distilasi berbahan limbah dapat digunakan untuk proses pembelajaran berbasis proyek guna meningkatkan psikomotorik siswa dalam memahami materi pemisahan fraksi minyak bumi. Selain itu, dengan adanya alat peraga distilasi berbahan limbah dapat diketahui bahwa dalam proses pembelajaran dapat menggunakan alat peraga yang dapat dibuat dengan memanfaatkan bahan limbah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan alat peraga distilasi, peningkatan pemahaman, peningkatan psikomotorik, project based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 10:40
Last Modified: 11 Nov 2015 10:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20983

Actions (login required)

View Item View Item