PENGARUH PENGGUNAAN SMALL NOTES PADA METODE PREVIEW QUESTION READ SUMMARIZE TEST (PQRST)TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK KONSEP REAKSI REDUKSI-OKSIDASI SISWA KELAS X SMAN 1 KALIWUNGU


Luthfia Rizqy Amalia, 4301410033 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN SMALL NOTES PADA METODE PREVIEW QUESTION READ SUMMARIZE TEST (PQRST)TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI POKOK KONSEP REAKSI REDUKSI-OKSIDASI SISWA KELAS X SMAN 1 KALIWUNGU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 4301410033-s.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran hendaknya siswa dilibatkan keaktifannya. Tidak hanya mental, akan tetapi juga melibatkan fisik dalam bentuk proses belajar mengajar yang menarik dan menyenangkan. Sistem pembelajaran yang menarik adalah yang mengajak siswanya untuk berperan aktif dalam mempelajari suatu materi pembelajaran sehingga apa yang diperoleh siswa dari belajar akan lebih bermakna bagi dirinya. Keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dapat memperpanjang daya ingat daripada hanya dengan metode menghafal. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran masih menggunakan metode teacher centre. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif dan cenderung tidak tertarik dalam belajar. Hasil observasi yang lain yaitu catatan siswa yang kurang lengkap sehingga ketika siswa belajar mengalami kesulitan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaanSmall Notes pada metode PQRST (Preview Question Read SummarizeTest) terhadap hasil belajar materi pokok Redoks siswa kelas X SMAN 1 Kaliwungu. Metode pembelajaran Preview Question Read Summarize Test (PQRST) adalah metode membaca sistematis yang terdiri atas lima tahapan berurutan. Metode ini mengajak siswa untuk berpikir kreatif dan sistematis ketika belajar. Small Notes (Catatan Kecil) adalah catatan yang di dalamnya berisi point-point penting sebuah materi. Rata-rata hasil belajar kognitif yang diperoleh kelas eksperimen I dan eksperimen II adalah 76,48 dan 76,71. Data uji koefisien determinasi sebesar 24,1%. Dari data tersebut memberi kesimpulan penggunaan Small Notes berpengaruhsebesar 24,1% dan sisanya ditentukan oleh faktor lain. Presentase ketuntasan hasil belajar klasikal pada kedua kelas sebesar 62,8% dan 65,7%. Dari data tersebut kita dapat menarik kesimpulan bahwa metode pembelajaran PQRST belum efektif terhadap hasil belajar siswa kelas X MIPA pada materi pokok konsep reaksi reduksi-oksidasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PQRST;Reaksi Redoks; Small Notes
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Unnes Margi Fitriawan
Date Deposited: 11 Nov 2015 12:09
Last Modified: 11 Nov 2015 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20982

Actions (login required)

View Item View Item